Dark/Light Mode

Kembali Terpilih Sebagai Wali Kota London

Sadiq Khan Bisa Ikuti Jejak Johnson Jadi PM

Senin, 10 Mei 2021 05:36 WIB
Sadiq Khan, Wali Kota Muslim London yang terpilih untuk kedua kalinya (Foto: AP/Victoria Jones)
Sadiq Khan, Wali Kota Muslim London yang terpilih untuk kedua kalinya (Foto: AP/Victoria Jones)

 Sebelumnya 
Khan mengatakan, saat ini Inggris berusaha menghadapi besarnya tantangan di depan. Berusaha untuk bangkit dari pandemi.

“Kita harus menggunakan momen pemulihan ini untuk me­nyembuhkan perpecahan yang merusak itu,” ajaknya.

Sementara Bailey meraup 44,8 persen suara pada putaran pertama dan kedua. Dia memberi selamat kepada Khan. Bailey me­minta Khan tidak menyalahkan segalanya kepada pemerintah.

Baca juga : Gibran Ikut Razia PSK Yang Mangkal

Sebab, saat menjabat sebagai Wali Kota di periode pertama, Khan berselisih dengan pemerintah terkait pembatasan demi mencegah penularan Covid-19.

Khan menjadi sosok yang paling gigih menentang ke­luarnya Inggris dari Uni Eropa. Termasuk mengkritik Perdana Menteri Boris Johnson dan pen­dahulunya, Theresa May.

Saat periode pertama, Khan juga fokus kepada menyediakan rumah layak. Namun, agendanya terganjal virus Corona.

Baca juga : RI Terima Lagi 10 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac

Khan merupakan Wali Kota London ketiga setelah Ken Livingstone (2000-2008) dan Johnson (2008-2016). Karena itu, muncul spekulasi dia bisa mengikuti jejak Johnson untuk masuk ke Downing Street (kan­tor Perdana Menteri Inggris).

Sementara, Sian Berry dari Partai Hijau menempati urutan ketiga, diikuti Luisa Porritt dari Partai Liberal di urutan keempat.

Di tempat lain, pada Sabtu (8/5) malam, Partai Buruh kehi­langan kendali keseluruhan atas dewan daerah Durham. Semen­tara Partai Konservatif atau lebih dikenal dengan julukan Tories, terus menggebrak jantung tra­disionalnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.