Dark/Light Mode

Israel-Palestina Ngerem Perang

Joe Biden Mau Kasih Hadiah, Menlu Inggris Senang Banget

Sabtu, 22 Mei 2021 05:23 WIB
Israel-Palestina Ngerem Perang Joe Biden Mau Kasih Hadiah, Menlu Inggris Senang Banget

 Sebelumnya 
Diberitakan Reuters, pencegat rudal super canggih itu memban­tu Israel menangkis lebih dari 4.300 roket yang ditembakkan dari Gaza selama pertempuran sengit di perbatasan 11 hari belakangan ini.

Israel sangat bergantung pada Iron Dome untuk mencegat ribuan roket yang ditembakkan ke wilayahnya dari Gaza dan tempat lain.

Baca juga : Pertamina Dukung Penyediaan Gas Bumi Kawasan Industri Jateng

Iron Dome merupakan salah satu sistem pertahanan tercanggih di dunia saat ini. Sistem pertahanan udara yang berbasis di darat itu berfungsi mengintervensi roket dan artileri jarak dekat.

Terkait bantuan untuk Gaza, Biden akan bekerja sama melalui PBB dan pemangku kepentingan internasional lainnya. Dia ber­sikeras, bantuan rekonstruksi akan diberikan dalam kemitraan dengan Otoritas Palestina, dan bukan dengan Hamas, yang Amerika Serikat anggap sebagai organisasi teroris.

Baca juga : Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Hadir di Semarang

Padahal Otoritas Palestina, yang dijalankan Presiden Mah­moud Abbas, hanya mengatur se­bagian dari Tepi Barat. Sedangkan Hamas berkuasa di Jalur Gaza.

“Kami akan melakukan ini dalam kemitraan penuh den­gan Otoritas Palestina bukan Hamas,” kata Biden.

Baca juga : Insentif Pahlawan Corona Dipotong 50 Persen, Aduh Kasian Banget

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan, Menteri Luar Negeri Antony Blinken akan melakukan per­jalanan ke wilayah Timur Tengah dalam beberapa hari mendatang untuk bertemu dengan rekan-rekan Israel, Palestina dan regional untuk membahas upaya pemulihan dan bekerja sama untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi Israel dan Palestina.

Warga Palestina menyam­but gembira gencatan senja­ta. Orang-orang di Gaza juga ke­luar dari rumah mereka, hingga takbir, meneriakkan ‘Allahu Akbar’ atau bersiul dari balkon. Banyak pula yang melakukan tembakan ke udara untuk merayakan gencatan senjata. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.