Dark/Light Mode

Mangkir Dari Kesepakatan

Junta Militer Burma Bikin Gondok Menlu Se-ASEAN

Rabu, 9 Juni 2021 05:24 WIB
Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (kanan) dalam pertemuan Menlu ASEAN-China di Chongqing, China, 7 Juli 2021.
Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (kanan) dalam pertemuan Menlu ASEAN-China di Chongqing, China, 7 Juli 2021.

 Sebelumnya 
Kendati demikian, dikutip media pemerintah Myanmar, Global New Light of Myanmar, Wunna Maung Lwin menga­takan, militer telah membuat kemajuan dengan mengacu pada kebijakan yang mereka rumus­kan sendiri.

“Pada pertemuan itu, Men­teri Maung Lwin menyatakan, satu-satunya cara memastikan sistem demokrasi yang disiplin dan murni adalah melalui lima poin program masa depan yang dideklarasikan pada Februari,” tulis Global New Light of Myan­mar, dikutip Reuters, kemarin.

Baca juga : Erick Segera Bubarin BUMN Yang Mati Suri

Masih dalam laporan media itu, dia mengatakan, sebagian besar poin ini telah dipenuhi. Termasuk langkah-langkah pencegahan Covid-19.

Selain itu, junta telah memben­tuk komisi pemilihan baru untuk menyelidiki dugaan kecurangan dalam pemilu November tahun lalu. Ketika saat itu, Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (Na­tional League for Democracy/NLD) menang telak.

Baca juga : Junta Militer Myanmar Jangan Mbalelo Dong Ya

Militer membela keputusan­nya melakukan kudeta. Junta berdalih, komisi pemilu saat itu mengabaikan pengaduan mereka soal kecurangan. Tapi, seperti diketahui, sejak kudeta itu, pemerintahan junta gagal menerapkan kontrol terhadap negara.

Setidaknya, militer Myanmar telah menahan lebih dari 4.500 demonstran anti kudeta militer dan telah menewaskan sedikit­nya 849 pengunjuk rasa, meski hal ini dibantah militer. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.