Dark/Light Mode

Rencana Kunjungan Putin Ke Jakarta Lagi Digodok

Lavrov Lobi Retno Beli Vaksin Covid-19 Rusia

Rabu, 7 Juli 2021 05:10 WIB
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva (tengah belakang) bersama Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta. (Foto : KEMLU RI).
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva (tengah belakang) bersama Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta. (Foto : KEMLU RI).

 Sebelumnya 
Keduanya berharap, kedatangan Putin dapat berujung pada Perjanjian Kemitraan Strategis antara Indonesia dan Rusia. Retno mengatakan, perjanji­an tersebut dapat menciptakan fondasi baru yang kuat dalam meningkatkan hubungan kedua negara ke level selanjutnya. Namun pada kesempatan kali ini, mereka meneken perjanjian Rencana Konsultasi atau Plan of Consultation periode 2021-2023.

Lavrov menyambut baik hara­pan Indonesia mengenai rencana kunjungan Putin. Meski tidak me­nyebutkan tanggal pasti, Lavrov berharap Putin dan Presiden Joko Widodo dapat segera bertemu.

Baca juga : Lebih Berat Lagi Bila Kasus Covid-19 Makin Parah

Izin Ratusan Pelajar

Dalam pertemuan tersebut, Ret­no juga meminta Rusia mau mem­beri izin masuk ratusan pelajar dan mahasiswa Indonesia. Menurut Retno, ada sekitar 600 pelajar dan mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di Rusia.

Baca juga : Tak Sengaja, Pasien Disuntik 6 Dosis Vaksin Covid-19 Sekaligus

“Saya menyampaikan per­mintaan akses masuk ratusan pelajar Indonesia yang akan be­lajar ke Rusia, tentunya dengan mempertimbangkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar man­tan Dubes RI untuk Belanda itu.

Menanggapi permintaan In­donesia, Lavrov setuju untuk meningkatkan kerja sama pen­didikan. Lavrov meyakinkan Retno, pihaknya akan mencari solusi dari isu yang dihadapi ma­hasiswa asal Indonesia dan akan berkomunikasi dengan kantor perwakilan Indonesia di Rusia.

Baca juga : Pak Moeldoko, Mau Reunian?

“Kami akan menerima para mahasiswa asing sekiranya kondi­si memungkinkan,” janji Lavrov.

Sektor pendidikan adalah salah satu kerja sama yang diba­has Retno dan Lavrov, kemarin. Termasuk membahas kerja sama pendidikan diplomatik untuk periode 2022. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.