Dark/Light Mode

Rencana Kunjungan Putin Ke Jakarta Lagi Digodok

Lavrov Lobi Retno Beli Vaksin Covid-19 Rusia

Rabu, 7 Juli 2021 05:10 WIB
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva (tengah belakang) bersama Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta. (Foto : KEMLU RI).
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva (tengah belakang) bersama Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta. (Foto : KEMLU RI).

 Sebelumnya 
Rusia, kata Retno, juga su­dah mendonasikan sejumlah obat-obatan antiviral dan alat kesehatan bagi Indonesia sejak awal pandemi muncul. Kerja sama kesehatan kedua negara, sambung Retno, akan diper­kuat melalui nota kesepahaman (MoU) Kerja Sama Kesehatan RI-Rusia yang masih dalam tahap finalisasi.

“MoU ini akan menjadi fon­dasi kerja sama kesehatan jangka menengah dan jangka panjang. Termasuk soal rencana produksi bersama vaksin Covid-19 antara Indonesia dan Rusia,” tutur Retno.

Baca juga : Lebih Berat Lagi Bila Kasus Covid-19 Makin Parah

Indonesia memang beren­cana menggunakan Sputnik V dalam program vaksinasi. Namun sejauh ini, pemerintah mengumumkan vaksin Negeri Beruang Putih itu akan digu­nakan dalam program vaksinasi gotong royong alias mandiri.

Pada April lalu, BPOM beren­cana mengeluarkan keputusan atas permohonan izin penggu­naan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) vaksin Sputnik V. Namun, rencana itu ditunda karena BPOM mengaku masih memerlukan beberapa kelengkapan data sebelum mem­beri lampu hijau.

Baca juga : Tak Sengaja, Pasien Disuntik 6 Dosis Vaksin Covid-19 Sekaligus

Indonesia telah berkomitmen mendatangkan total 20 juta dosis vaksin Sputnik V. Rencananya pada akhir April atau Mei lalu, Sputnik V akan didatangkan se­cara bertahap. Namun, program itu mundur.

Selanjutnya, Lavrov mem­bahas soal kunjungan Presiden Putin yang masih menanti waktu yang tepat. Pandemi Covid-19 menghambat niatan Putin bertemu Presiden Joko Widodo di Jakar­ta. Sebelumnya Putin dijadwalkan datang pada 2020. Bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Baca juga : Pak Moeldoko, Mau Reunian?

“Kami terus mendiskusikan persiapan rencana kunjungan Presiden Putin ke Indonesia, sembari menunggu waktu yang tepat untuk mewujudkan lawatan tersebut,” ujar Menlu Retno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.