Dark/Light Mode

Vaksinasi Jadi Solusi

Studi Inggris: Separuh Pasien Rawat Inap Covid, Bisa Kena Komplikasi Jangka Panjang

Sabtu, 17 Juli 2021 11:45 WIB
Ilustrasi pasien rawat inap Covid-19 (Foto: Net)
Ilustrasi pasien rawat inap Covid-19 (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Studi skala besar yang melibatkan 302 rumah sakit di Inggris menemukan fakta bahwa separuh pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, berpotensi mengembangkan sedikitnya satu jenis komplikasi, yang mengarah pada problem kesehatan jangka panjang seperti gagal ginjal.

Studi yang melibatkan 73 ribu pasien berusia 19 tahun ke atas dan telah dipublikasikan dalam Jurnal Kedokteran Inggris, The Lancet menemukan fakta bahwa komplikasi juga ditemui pada mereka yang tergolong muda dan sehat.

"Banyak komplikasi teridentifikasi memiliki efek jangka panjang. Sistem kesehatan dan para pemutus kebijakan harus bersiap menghadapi peningkatan morbiditas, yang muncul dari Covid-19 dan komplikasinya," demikian bunyi artikel tersebut.

Baca juga : Duh Gusti, Pasien Rawat Inap Di Wisma Atlet Tambah 69 Orang

Komplikasi yang paling lazim ditemui adalah cedera ginjal akut. Ini terkait dengan peningkatan bahaya kematian jangka panjang, kebutuhan dialisis atau cuci darah, dan peningkatan kejadian kardiovaskular.

Cedera semacam itu 2 kali lebih mungkin terjadi pada pasien yang sudah menderita penyakit ginjal kronis.

Jumlah penderita gagal ginjal kronis yang mengalami kejadian itu, dilaporkan mencapai 40 persen. Sedangkan yang sebelumnya tidak memiliki masalah ginjal, hanya 22 persen.

Baca juga : Dalam 24 Jam, Pasien Rawat Inap Di Wisma Atlet Kemayoran Nambah 405 Orang

Sementara komplikasi jantung, disebut mempengaruhi 20 persen pasien yang sudah memiliki masalah jantung. Yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya, hanya 9 persen.

Jika komplikasi ginjal dan jantung lebih sering terjadi pada pasien yang lebih tua, cedera hati dilaporkan lebih sering menjangkiti kelompok usia yang lebih muda.

Secara keseluruhan, 21 persen pasien berusia 19-29 tahun tanpa riwayat penyakit komorbid, dilaporkan memiliki setidaknya 1 komplikasi.

Baca juga : Waspada! Long Covid Bisa Rusak Jaringan Tubuh Dalam Jangka Panjang

Sementara 58 persen pasien berusia 60-69 tahun, dilaporkan memiliki 2 atau lebih komorbid.

Mayoritas yang mengalami komplikasi adalah laki-laki. Persentasenya mencapai 60 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.