Dark/Light Mode

Vaksinasi Jadi Solusi

Studi Inggris: Separuh Pasien Rawat Inap Covid, Bisa Kena Komplikasi Jangka Panjang

Sabtu, 17 Juli 2021 11:45 WIB
Ilustrasi pasien rawat inap Covid-19 (Foto: Net)
Ilustrasi pasien rawat inap Covid-19 (Foto: Net)

 Sebelumnya 
Dalam kelompok usia 19-29 tahun tanpa kondisi medis, jumlah pria yang mengalami komplikasi tanpa infeksi adalah 28 persen. Sedangkan wanita, 17 persen.

"Temuan tersebut bertentangan dengan narasi saat ini, yang menyebut Covid-19 hanya berbahaya pada orang dengan riwayat penyakit komorbid dan kelompok lansia.

Baca juga : Duh Gusti, Pasien Rawat Inap Di Wisma Atlet Tambah 69 Orang

Dari kelompok orang dewasa yang sebelumnya sehat tanpa masalah medis, komplikasi dilaporkan mempengaruhi lebih dari 4 dari 10 pasien rawat inap.

"Pasien dengan komplikasi juga cenderung memiliki gangguan kemampuan untuk merawat diri, setelah keluar dari rumah sakit. Persentasenya, mencapai 27 persen," demikian laporan hasil studi tersebut.

Baca juga : Dalam 24 Jam, Pasien Rawat Inap Di Wisma Atlet Kemayoran Nambah 405 Orang

Kondisi ini banyak terjadi di kelompok usia tua, laki-laki, dan pernah menerima perawatan intensif.

Dengan alasan tersebut, pengambil kebijakan dan perencana layanan kesehatan harus mengantisipasi sejumlah besar sumber daya kesehatan dan perawatan sosial, yang mungkin diperlukan untuk mendukung mereka yang selamat dari Covid-19.  

Baca juga : Waspada! Long Covid Bisa Rusak Jaringan Tubuh Dalam Jangka Panjang

Termasuk, penyediaan staf dan peralatan yang memadai, penyediaan klinik tindak lanjut bagi mereka yang mengalami komplikasi di rumah sakit seperti cedera ginjal akut atau infeksi saluran pernapasan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.