Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kunjungi Indonesia, Warga Saudi Terancam Dicekal Tiga Tahun

Rabu, 28 Juli 2021 10:47 WIB
Warga negara Saudi memindai dokumen mereka di gerbang Imigrasi digital di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, 16 Mei 2021. (Foto Reuters/Ahmed Yosri)
Warga negara Saudi memindai dokumen mereka di gerbang Imigrasi digital di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, 16 Mei 2021. (Foto Reuters/Ahmed Yosri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Arab Saudi akan menghukum warganya yang mendatangi negara zona merah Covid-19. Termasuk Indonesia. Ancamannya tidak tanggung-tanggung, mulai dari penjara hingga larangan perjalanan (travel ban) atau dicekal 3 tahun. 

"Siapapun yang terbukti terlibat (melakukan perjalanan) akan dikenai pertanggungjawaban dan dihukum berat sekembalinya mereka, dan akan dilarang berpergian selama tiga tahun," kata salah seorang pejabat di Kementerian Dalam Negeri Saudi, dikutip CNN. 

Berita Terkait : Anggota Injak Kepala Warga Di Merauke, TNI AU Bakal Tindak Tegas

Sebagaimana dilansir Reuters, Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam daftar merah tersebut bersama Afghanistan, Argentina, Brazil, Mesir, Ethiopia, India, Libanon, Pakistan, Afrika Selatan, Turki, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

Kantor berita negara SPA memberitakan, kebijakan ini diberlakukan dalam upaya untuk mengekang penyebaran virus Corona dan varian barunya.

Berita Terkait : Perangi Corona, FKPPI Gelar Vaksinasi Massal Di Hotel Sultan

Dikutip Arab News, Rabu (28/7/2021), aturan itu dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi setelah sebelumnya mengumumkan daftar negara terlarang untuk dikunjungi.

“Warga Saudi telah dilarang bepergian ke Indonesia karena masalah virus Corona. Mereka yang saat ini berada di negara Asia telah diberitahu untuk berhati-hati dan menjauh dari daerah dengan tingkat infeksi yang tinggi,” bunyi pernyataan Kementerian Dalam Negeri Saudi.
 Selanjutnya