Dark/Light Mode

Kunjungi Indonesia, Warga Saudi Terancam Dicekal Tiga Tahun

Rabu, 28 Juli 2021 10:47 WIB
Warga negara Saudi memindai dokumen mereka di gerbang Imigrasi digital di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, 16 Mei 2021. (Foto Reuters/Ahmed Yosri)
Warga negara Saudi memindai dokumen mereka di gerbang Imigrasi digital di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, 16 Mei 2021. (Foto Reuters/Ahmed Yosri)

 Sebelumnya 
Jika memang ada warganya yang harus mengunjungi negara beresiko tinggi, mereka harus lapor ke pihak terkait untuk mendapatkan pedoman khusus. Sebelumnya, Arab Saudi meminta warga negaranya untuk pulang dari Indonesia. Hal ini menyusul karena adanya lonjakan kasus Corona di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi melalui akun Twitter resminya @MOISaudiArabia, Rabu (21/7/2021) malam. Perjalanan dari Indonesia ke Saudi dilarang, sementara warga Saudi diminta pulang. "Sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri: Perjalanan langsung atau tidak langsung warga negara ke Indonesia dilarang, dan warga negara di Indonesia harus segera kembali ke Kerajaan," tulis Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Jemaah Haji melakukan tawaf (mengelilingi) Kabah pada 22 Juli 2021. (Foto AFP)
 

Baca juga : Anggota Injak Kepala Warga Di Merauke, TNI AU Bakal Tindak Tegas

Sejauh ini, Negeri Emas Hitam itu berhasil menekan jumlah penularan kasus Covid-19 dengan menerapkan aturan super ketat bagi siapapun yang mau memasuki kawasannya.

Baca juga : Perangi Corona, FKPPI Gelar Vaksinasi Massal Di Hotel Sultan

Negara Teluk dengan populasi sekitar 30 juta itu, pada Selasa (27/7) mencatat 1.379 infeksi Covid-19 baru, sehingga totalnya menjadi 520.774 kasus dan 8.189 kematian. Jika dibandingkan, data tersebut menunjukkan infeksi harian turun dari puncak yang berada di atas 4.000 pada Juni 2020 menjadi di bawah angka 100 pada awal Januari.

Baca juga : Kontingen Indonesia Tampil Gagah Di Upacara Pembukaan Olimpiade 2020 Tokyo

Tahun ini, Saudi menggelar ibadah haji khusus untuk warga lokal dan ekspatriat. Negara itu juga akan menggelar umrah untuk jemaah internasional tahun ini. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.