Dark/Light Mode

Tuding Beijing Mau Tiru Taliban

Taiwan Beli Jet Tempur Baru Buat Hadapi China

Jumat, 27 Agustus 2021 06:20 WIB
Jet tempur F-16. (Foto : Istimewa).
Jet tempur F-16. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Taiwan tak gentar menghadapi tekanan China. Negeri Naga Kecil Asia itu terus memperbesar kekuatan militernya. Salah satunya, akan menambah armada jet tempur.

Langkah Taiwan itu diambil menyikapi semakin agresifnya militer China di dekat perbatasan Taiwan. Pekan lalu, China menggelar latihan penyerangan.

Berita Terkait : Taliban Kian Menggila, Trump Semprot Biden

Pemerintah Taiwan menganggarkan 40,1 miliar dolar Taiwan atau sekitar Rp 21 triliun untuk membeli jet tempur baru. Hal ini dilakukan karena Taiwan merasa pertahanan udara masih harus diperkuat untuk mengantisipasi ancaman China.

Kabinet Presiden Tsai Ing Wen mengusulkan anggaran militer sebesar 471,7 miliar dolar untuk 2022. Anggaran ini naik dari alokasi semula sebesar 453,4 miliar dolar. Namun demikian, persentase penambahan anggaran pertahanan untuk tahun depan masih lebih kecil 10 persen dibandingkan tahun ini.

Berita Terkait : 31 Perusahaan Taiwan Siap Bangun Bisnis Di Indonesia

Anggaran pertahanan merupakan terbesar ketiga dikeluarkan Pemerintah Taiwan untuk 2022, setelah kesejahteraan sosial dan pengeluaran gabungan untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya.

Meski Pemerintah tak menyebutkan jenis jet tempur baru apa yang akan dibeli, kuat dugaan adalah F-16. Sebab, Taiwan fokus pada penggunaan armada jenis itu.

Berita Terkait : Dukung UMKM, Bank Mandiri Andalkan Layanan Mandiri Pintar Dan Sistem Warung

Pada 2019, AS menyetujui penjualan F-16 senilai 8 miliar dolar AS ke Taiwan. Kesepakatan itu menambah jumlah F-16 Taiwan menjadi lebih dari 200 unit, atau terbanyak di Asia.

Tsai menetapkan modernisasi angkatan bersenjata sebagai salah satu prioritas dalam pemerintahannya. Peningkatan pengeluaran untuk belanja militer juga menjadi fokusnya saat ini.
 Selanjutnya