Dark/Light Mode

Tuding Beijing Mau Tiru Taliban

Taiwan Beli Jet Tempur Baru Buat Hadapi China

Jumat, 27 Agustus 2021 06:20 WIB
Jet tempur F-16. (Foto : Istimewa).
Jet tempur F-16. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Tiru Taliban

Pada Sabtu (21/8), Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, menuduh China hendak meniru Taliban dalam merebut Taiwan. Pasalnya, Beijing terus berusaha menjatuhkan pemerintahan yang sah di Taipei karena mengklaim negara pulau itu sebagai bagian dari China.

Baca juga : Taliban Kian Menggila, Trump Semprot Biden

“China bermimpi untuk meniru Taliban. Tetapi izinkan saya berterus terang, kami memiliki kemauan dan sarana untuk membela diri,” ungkap Joseph Wu, lewat Twitter.

Seperti diketahui, Pemerintah Afghanistan yang didukung AS telah dijatuhkan Taliban. Kejatuhan Kabul yang berlangsung cepat itu kemudian memicu perdebatan sengit di Taiwan. Publik di negara pulau itu bertanya-tanya, apakah mereka bakal mengalami nasib yang sama dengan invasi China.

Baca juga : 31 Perusahaan Taiwan Siap Bangun Bisnis Di Indonesia

Sementara, media milik pemerintah di China menyebut nasib Kabul saat ini justru menjadi bukti bahwa Taiwan tidak dapat menaruh kepercayaan kepada AS.

Namun, Wu menegaskan, Taiwan tidak ingin menjadi sasaran komunisme atau kejahatan terhadap kemanusiaan. Dia menyatakan terima kasihnya kepada AS karena selalu menjunjung tinggi keinginan dan kepentingan terbaik rakyat Taiwan.

Baca juga : Dukung UMKM, Bank Mandiri Andalkan Layanan Mandiri Pintar Dan Sistem Warung

“Itu termasuk (dukungan kepada) demokrasi dan kebebasan dari komunisme, otoritarianisme, dan kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Wu. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.