Dark/Light Mode

Bantu Pebisnis RI Ekspansi, KBRI Moskow Rilis Buku Akses Pasar Rusia

Rabu, 15 September 2021 23:04 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Jose Tavares memperlihatkan buku How to Enter the Russian Market. A Guide for Indonesian Businesses. (Foto: KBRI Moskow)
Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Jose Tavares memperlihatkan buku How to Enter the Russian Market. A Guide for Indonesian Businesses. (Foto: KBRI Moskow)

 Sebelumnya 
Webinar semakin lengkap dengan testimoni dari perusahaan Indonesia yang telah memasuki pasar Rusia yang disampaikan General Director Mayora Group Russia, Bharat Wadhwa. Disampaikan pula berbagai tips memasuki pasar Rusia, seperti perlunya mempelajari kebiasaan dan selera calon konsumen, regulasi setempat, serta format bisnis yang tepat untuk berusaha.

Pada sesi diskusi yang sangat dinamis dan disambut antusiasme peserta, Ketua Komite Rusia dan CIS Kadin Indonesia Periode 2016-2021 Didit Ratam menyatakan, isi buku itu cukup lengkap bagi pebisnis. Di dalamnya tergambarkan pula dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor ekonomi. Namun, di balik itu terdapat pula kesempatan memasuki segmen menengah ke atas bagi produk ekspor Indonesia ke Rusia, 

Baca juga : WIKA Ekspansi Bisnis Di Bidang Kebandarudaraan

“Pebisnis Indonesia dapat memanfaatkan platform online untuk memasuki pasar Rusia. Hal ini karena adanya tren perpindahan dari perdagangan offline ke online,” tambah Didit. 

Fitria Nahdi, salah satu peserta dari Nahdi Jewelry, berpendapat bahwa pembuatan buku seperti yang diinisiasi KBRI Moskow perlu diikuti Perwakilan Indonesia di luar negeri lainnya. Selain itu, penting pula untuk menambahkan ulasan faktor pengetahuan tentang tradisi dan budaya konsumen setempat sebagai panduan memasuki pasar asing.

Baca juga : Bantu Pulihkan Ekonomi, Parfum Inoku Ajak Masyarakat Wirausaha Mandiri

Pemandu acara, Yose Rizal Damuri, Kepala Departemen Ekonomi pada Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia menyimpulkan bahwa secara makro buku ini turut berperan memperkuat hubungan ekonomi Indonesia–Rusia. Buku ini memberikan gambaran praktis bagi pebisnis Indonesia yang ingin mempromosikan produknya dan menembus pasar Rusia.

Webinar ini dihadiri hampir 300 peserta dari kalangan pelaku usaha Indonesia dan diaspora Indonesia, baik perusahaan besar maupun UMKM, serta pemangku kepentingan dari kementerian/lembaga terkait, pengamat bisnis, pemerintah daerah, universitas. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.