Dark/Light Mode

Bantu Pebisnis RI Ekspansi, KBRI Moskow Rilis Buku Akses Pasar Rusia

Rabu, 15 September 2021 23:04 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Jose Tavares memperlihatkan buku How to Enter the Russian Market. A Guide for Indonesian Businesses. (Foto: KBRI Moskow)
Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Jose Tavares memperlihatkan buku How to Enter the Russian Market. A Guide for Indonesian Businesses. (Foto: KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rusia merupakan pasar non-tradisional bagi produk unggulan Indonesia. Sampai sekarang, masih jarang dijumpai barang Indonesia di pasar maupun supermarket Rusia. Meski begitu, masih terbuka potensi pengusaha nasional untuk berekspansi ke Rusia.

Untuk memudahkan pengusaha nasional ekspansi ke Rusia, KBRI Moskow menggelar webinar bisnis dan peluncuran buku “How to Enter the Russian Market. A Guide for Indonesian Businesses”, Selasa (14/9). Buku tersebut merupakan hasil kerja sama riset pasar KBRI Moskow dengan RosBusiness Consulting (RBC) Market Research. 

Baca juga : WIKA Ekspansi Bisnis Di Bidang Kebandarudaraan

Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Jose Tavares mengatakan, penting untuk memiliki pengetahuan tentang hal-hal seperti produk Indonesia yang diminati masyarakat Rusia, bagaimana barang tersebut dapat masuk ke Rusia dan kolega bisnis potensial Rusia yang dapat diajak kerja sama.

“Kami berharap, buku ini akan berguna bagi para pelaku usaha yang akan ekspansi bisnis ke Rusia dan memberi kontribusi positif dalam memajukan hubungan ekonomi Indonesia-Rusia. Selain itu, sebagai salah satu persiapan berbisnis, kiranya perusahaan dapat menyiapkan e-catalog untuk disampaikan kepada mitra potensial di Rusia,” ucap Dubes Tavares.

Baca juga : Bantu Pulihkan Ekonomi, Parfum Inoku Ajak Masyarakat Wirausaha Mandiri

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar turut menyampaikan sambutan pada acara ini. “Penyusunan buku dan acara webinar ini menjadi salah satu inovasi Pemerintah, khususnya KBRI Moskow, dalam membantu pelaku bisnis untuk memetakan potensi pasar dan menyusun strategi pemanfaatan peluang bisnis,” ujarnya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menambahkan, buku yang dirilis KBRI Moskow itu menjadi kesempatan bagi pelaku bisnis Indonesia untuk go international. Buku itu akan menjadi panduan untuk memasuki pasar Rusia

Baca juga : KBRI Tokyo Gelar Wayang Kulit Berbahasa Jepang

“Dunia usaha perlu kreatif dan adaptif menghadapi pandemi Covid-19 dan UMKM terbukti mampu beradaptasi menghadapi berbagai tantangan. UMKM dipandang memainkan peran penting dalam peningkatan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, perlu memperluas bisnis ke luar negeri,” ujarnya.

Tampil sebagai narasumber, Kepala Grup Analisis RosBusiness Consulting (RBC) Sergey Khitrov. Dia memaparkan berbagai hal, seperti aneka produk Indonesia yang potensial di Rusia, tata cara pendirian usaha di Rusia, prosedur ekspor ke Rusia, identifikasi masalah konektivitas dan logistik, serta daftar mitra potensial di Rusia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.