Dark/Light Mode

Dubes Australia Penny Williams, Eratkan Hubungan Negara Lewat Latihan Militer

Jumat, 22 Oktober 2021 07:54 WIB
Dubes  Australia Untuk Indonesia Penny Williams. (Foto: Istimewa)
Dubes Australia Untuk Indonesia Penny Williams. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Mayjen Ellwood mengaku senang dapat kembali ke Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral angkatan darat negaranya dengan Indonesia. Pada 24 September lalu, dia membuka pelatihan instruktur Tempur Perwira Muda (Junior Officer Combat Instructor Training/JOCIT) selama dua pekan di Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut melibatkan 165 anggota Angkatan Darat Indonesia dan Australia. Tiga hari kemudian, persisnya pada 27 September 2021, Satuan pasukan Khusus Kopassus dan Special Air Service Regiment (SASR) kedua negara memulai Latihan Gabungan Kontraterorisme yang diberi nama Dawn Komodo, di Sewang, Jawa Barat.

Baca juga : Kunker Perdana Ke Jabar, Dubes Australia Penny Williams Bahas Kerja Sama Dengan Gubernur Dan Pebisnis

Program ini dirancang untuk bertukar keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman kontraterorisme. “Dawn Komodo tetap menjadi salah satu latihan gabungan terlama yang dilakukan pasukan Khusus negara kita,” kata Dubes Williams.

Australia juga menjadi tuan rumah bagi 200 personel Angkatan Darat Indonesia selama Oktober di Darwin untuk Latihan Wirra Jaya. ini termasuk latihan terbesar yang disponsori militer Australia.

Baca juga : Eks Dirut Sarana Jaya Didakwa Rugikan Negara Rp 152 Miliar

Sebagai informasi, Latihan Wirra Jaya adalah kegiatan tahunan bersama selama tiga minggu antara Australia dan Indonesia. Targetnya, meningkatkan keterampilan infanteri personel militer kedua negara dan memperkuat nilai-nilai serta komitmen bersama untuk mempertahankan kawasan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.