Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jepang Gelar Pemilu

Kishida Menebar Janji Rebut Simpati Rakyat

Senin, 1 November 2021 06:30 WIB
Pemilih memberikan suara di tengah pandemi Covid-19, di TPS di Tokyo, Jepang, Minggu, 31 Oktober 2021. (Foto: REUTERS/Issei Kato).
Pemilih memberikan suara di tengah pandemi Covid-19, di TPS di Tokyo, Jepang, Minggu, 31 Oktober 2021. (Foto: REUTERS/Issei Kato).

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Jepang, kemarin, memberikan suara dalam pemilihan umum (pemilu). Dukungan terhadap partai penguasa diramal menyusut.

Pemilu kemarin jadi ujian pertama Perdana Menteri (PM) Jepang yang baru, Fumio Kishida. Kishida menghadapi sejumlah tantangan besar di awal kepemimpinannya. Yakni, mengatasi masalah perekonomian yang hancur karena pandemi Covid-19. Masalah kependudukan terkait warga jepang yang sebagian besar populasinya adalah lanjut usia. Serta, tantangan dari China dan Korea Utara (Korut).

Baca juga : Pertamina Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Jadi Amplang di Pontianak

Dalam pidato terakhirnya pada Sabtu (30/10) di Tokyo, Kishida berjanji untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Dan, mendistribusikan hasilnya pada warga sebagai pendapatan. Namun, usaha mantan Menteri Luar Negeri Jepang itu, belum berhasil merebut simpati warga.

Shinji Asada, salah seorang pemilih, membandingkan langkah-langkah Covid-19 untuk memilih seorang kandidat. Dia berharap, ada perubahan kepemimpinan. Karena, menurutnya, partai yang berkuasa tidak memiliki penjelasan dan transparansi atas langkah-langkah pandeminya.

Baca juga : PNM Gelar Pelatihan Capacity Building Kepada Penerima Redistribusi Tanah

Asada mengatakan, Kishida memang berjanji untuk lebih memperhatikan suara rakyat. Namun, kenyataannya tidak ada yang berbeda.

“Saya pikir tidak ada yang akan berubah setelah melihat kabinetnya,” kata Asada, merujuk pada sebagian anggota Kabinet Kishida yang sebagian besar diberikan kepada faksi-faksi partai yang memilihnya.

Baca juga : Temui Penerima BSU Kaltim, Menaker Disambut Yel-yel Selamat Datang

Pemilih lainnya, Kana Kasai, mengatakan, dia akan mendukung pemimpin yang siap bekerja keras.

“Untuk masa depan yang lebih baik,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.