Dark/Light Mode

Omongin Sapi, Trump-Abe Nonton Sumo Dan Main Golf

Minggu, 26 Mei 2019 17:38 WIB
Donald Trump dan Shinzo Abe  selfie usai main golf. (Foto Reuters)
Donald Trump dan Shinzo Abe selfie usai main golf. (Foto Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di hari kedua kunjungannya ke Jepang, hari ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menikmati permainan golf dan nonton sumo bersama Perdana Menteri Shinzo Abe. Keduanya bermain sambil mendiskusikan masalah perdagangan, terutama daging sapi. Trump menyampaikan keluhannya mengenai surplus perdagangan daging sapi dari sisi Jepang. Dia bahkan berencana menerapkan tarif tinggi jika dia dan Abe tidak mencapai kesepakatan perdagangan yang baru.

Sebelumnya, AS dan China juga saling perang tarif, yang berimbas pada harga global. "Kemajuan berhasil dicapai dalam negosiasi perdagangan. Pertanian dan daging sapi menjadi fokus," kicau Trump usai bermain golf dengan Abe.

"Kita akan tunggu hingga pemilu Juli sebelum saya melihat hasilnya," lanjutnya.

Baca juga : Batalkan Sanksi, Trump : Korut Sudah Menderita

Sementara itu, dari sisi Abe, dia juga mencuitkan kegiatan golfnya bersama Trump. Di Twitter, Abe membagikan gambar Dia dan Trump bermain golf. Nampak Trump mengenakan topi merah dan Abe mengenakan blazer biru dan celana putih.

"Saya harapkan persekutuan AS dengan Jepang tidak akan goyah," kicau Abe. Usai bermain golf, kedua pemimpin menikmati makan siang bersama. Keduanya menikmati double cheeseburger dengan daging asli sapi AS.

"Keduanya memperdalam persahabatan sambil bersantai," jelas pernyataan Kemlu Jepang.

Baca juga : Dukung Vokasi, Toyota Sumbang 25 Mobil

Kunjungan Trump ke Jepang untuk menegaskan hubungan erat kedua negara. Namun, masalah pedagangan menjadi masalah terselubung. Dalam pidatonya di hadapan pebisnis di Tokyo, Sabtu malam, Trump menyebut perdagangan dengan Jepang masih bagus dan perkembangan masih dilanjutkan.

"Kesepakatan ini, saya harap bisa memperbaiki ketimpangan yang ada, menggeser halangan bagi produk Amerika dan memastikan kedua negara mendapat perlakuan yang sama," ujar Trump.

"Pekan lalu, kita melihat daging sapi AS untuk pertama kali dijual kembali sejak tahun 2000. Kami berterima kasih atas langkah ini. Kami harap bisa memberi pengumuman besar lainnya dalam waktu dekat," lanjutnya.

Baca juga : Sambut Kedatangan Prabowo, Ribuan Emak-emak Pontianak Senam Dua Jari

Abe dan Trump juga membahas uji coba misil Korea Utara. Trump mengatakan bahwa dia tidak khawatie dengan peluncuran misil Korut dan yakin bahwa Kim Jong-un akan menepati janji dengan Trump. Malamnya, Abe dan Trump menikmati pertunjukan sumo.

"Saya sangat kagum dengan olah raga ini," ujar Trump. "Bahkan, piala turnamen ini dibuat di AS dan kita akan memberikan piala kepada pemenang," lanjut Trump.

Piala seberat 30 kilogram ini dinamai "President's Cup". Foto piala ini bahkan dipajang di lobi Hotel Tokyo sebelum pertandingan dimulai. Trump menjadi presiden AS pertama yang menghadiri pertandingan sumo dan memberikan piala kepada pemenang, dilansir Reuters. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.