Dark/Light Mode

Dubes Heri Akhmadi, Serahkan Surat Kepercayaan Ke Presiden Mikronesia Secara Virtual

Selasa, 2 November 2021 07:39 WIB
Dubes Heri Akhmadi menyerahkan Surat Kepercayaan ke Presiden Mikronesia David W. Panuelo. (Dok. KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi menyerahkan Surat Kepercayaan ke Presiden Mikronesia David W. Panuelo. (Dok. KBRI Tokyo)

 Sebelumnya 
“Saya membawa surat penarikan Dubes Arifin Tasrif, dan surat kepercayaan yang berisi janji saya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Mikronesia yang berkedudukan di Tokyo,” sambungnya.

Heri juga memastikan Indonesia dan Mikronesia memiliki kepedulian yang sama pada isu-isu lingkungan, perubahan iklim, ekosistem laut dan menciptakan arsitektur keamanan kesehatan yang lebih kuat.

Baca juga : Serikat Karyawan Curhat Ke Mahfud, Minta Garuda Diselamatkan

Indonesia, lanjutnya, berkomitmen meningkatkan penguatan hubungan bilateral dengan Mi kronesia. “Di antaranya peningkatan kapasitas pegawai negeri sipil, pelatihan diplomat serta beasiswa studi di Indonesia. Termasuk mengirimkan ahli pertanian untuk berbagi pengalaman,” jelasnya.

Heri juga menyampaikan, pada 2022 Indonesia memegang posisi Presidensi G20. Indonesia juga melanjutkan keterlibatannya dengan Pasifik melalui penyelenggaraan Pacific Exposition dan Archipelagic and Island States Forum.

Baca juga : Dubes Iwan Bogananta Hadiahi Presiden Macedonia Utara Sepeda Bambu

Sementara Presiden Panuelo dalam sambutannya menekankan, upacara penyerahan Surat Kepercayaan ini sebagai babak baru kerja sama antara Indonesia dan Mikronesia.

“Federasi Mikronesia menyambut baik kerja sama pelatihan bagi aparatur sipil negara dan program pelatihan di sektor agrikultur. Karena hal ini penting untuk menunjang terbentuknya ketahanan pangan,” kata Presiden Panuelo.

Baca juga : ASN PUPR Di Banjarmasin Dibuatkan Rusun, Kerjanya Harus Makin Semangat

Panuelo juga secara spesifik menyampaikan permintaan bantuan untuk melakukan pelatihan diplomatik bagi pejabat Kementerian luar negeri Mikronesia. Pembahasan teknis mengenai kerja sama ini akan dilakukan KBRI Tokyo dan Kedutaan Mikronesia di Tokyo. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.