Dark/Light Mode

Bicara Pertemanan Sampai Perdamaian

Jokowi Kasih Wejangan Biden Angguk-angguk

Rabu, 3 November 2021 08:10 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ngobrol penuh kehangatan di sela-sela pertemuan bilateral di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ngobrol penuh kehangatan di sela-sela pertemuan bilateral di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
“Tidak ada tantangan global di masa kini yang tidak bisa mendapatkan manfaat dari kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat,” yakin Biden.

Tak mau berlama-lama berbasa-basi di depan awak media, Biden mengaku ingin berbincang-bincang lebih intens dengan Jokowi. “Memang ada banyak yang bisa kita bicarakan, tapi saya memakan waktu terlalu banyak. Saya nantikan perbincangan kita hari ini dan untuk terus mengembangkan hubungan kita,” tandasnya.

Baca juga : Bertemu Presiden Macron, Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Prancis

Giliran Jokowi, ia mengaku merasa terhormat dapat kembali bertemu dengan Biden. “Selamat, sekali lagi, atas pelantikan Bapak sebagai presiden,” ucap Jokowi, yang langsung spontan dibalas Biden.

“Terima kasih. Terima kasih atas pengakuan Anda,” sahut Biden, tertawa.

Baca juga : Survei LKPI: Masyarakat Puas Dengan Kinerja Jokowi Atasi Pandemi

Mantan Wali Kota Solo itu melanjutkan, ia meyakini di bawah kepemimpinan Biden, kerja sama kedua negara bisa lebih diperkuat lagi. Jokowi juga mengapresiasi kepemimpinan Biden yang concern dalam beragam isu global, seperti perubahan iklim, energi hijau, Covid-19 dan demokrasi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden AS itu karena telah ikut membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca juga : Ketua DPD Sampaikan Peran Konkret Pesantren Bagi Negara

“Melalui mekanisme berbagi dosis, memungkinkan saya menerima 13,4 juta dosis vaksin dan 1.000 unit ventilator, obat-obat terapi, dan peralatan medis lainnya. Sekali lagi, terima kasih,” sebut Jokowi, yang direspons anggukan demi anggukan oleh Biden. “Sebuah kehormatan bagi saya. Terima kasih,” timpal Biden.

Selain membahas soal pandemi Covid-19, Jokowi juga menyampaikan pentingnya memperkuat kerja sama ekonomi, terutama ekonomi hijau. Ia menekankan bahwa Indonesia komit dalam mengurangi emisi karbon.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.