Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mulai 22 November, Turis Yang Divaksin Sinovac, Sinopharm, Covaxin Boleh Masuk Inggris

Selasa, 9 November 2021 23:06 WIB
Ilustrasi vaksin Sinovac (Foto: Istimewa)
Ilustrasi vaksin Sinovac (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Inggris akan merestui seluruh vaksin yang telah mendapat persetujuan atau emergency of listing (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ke dalam daftar yang disetujui untuk traveler internasional, mulai 22 November.

Sinovac, Sinopharm Beijing, dan Covaxin kini masuk ke dalam daftar tersebut.

Ketentuan baru ini berpeluang meningkatkan kunjungan warga Uni Emirat Arab, Malaysia, India, dan Indonesia yang mayoritas menggunakan vaksin tersebut.

Dalam ketentuan baru perjalanan di Inggris, penumpang pesawat dari 135 negara dan teritori yang telah divaksin penuh dan memiliki sertifikat vaksin, tidak dipersyaratkan menjalani tes sebelum keberangkatan, tes di hari ke-8, atau melakukan karantina setelah kedatangan.

Baca juga : Buka Perbatasan Mulai November, Australia Juga Mau Akui Vaksin Sinovac

"Mulai 22 November pukul 04.00, kami akan mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer BioNTech, Oxford AstraZeneca (termasuk Covishield), Moderna, Jansen (Johnson and Johnson) dan seluruh vaksin yang telah menerima EUL WHO. Termasuk, Sinovac, Sinopharm Beijing, dan Covaxin," demikian bunyi pernyataan pemerintah Inggris, dalam laman resminya, Senin (8/11).

Aturan ini berlaku setelah pemerintah Inggris menyederhanakan aturan perjalanan untuk semua anak di bawah 18 tahun yang datang ke Inggris. 

Mereka akan diperlakukan seperti orang yang divaksinasi penuh di perbatasan, dan akan dibebaskan dari aturan karantina pada saat kedatangan, testing pada hari ke-8 dan pengujian pra-keberangkatan.

Mereka hanya akan diminta untuk menjalani 1 kali tes pasca kedatangan dan tes PCR gratis, jika dinyatakan positif Covid.

Baca juga : Pemkab Taput Datangkan 1.000 DosisVaksin Sinopharm Untuk Pelajar

Terkait hal ini, Menteri Transportasi Inggris Grant Shapps mengatakan, negaranya terus berusaha memulihkan diri dari pandemi, dan memperluas pengakuan terhadap vaksin internasional.

Pengumuman hari ini menandai langkah Inggris selanjutnya, dalam memulai kembali perjalanan internasional.

"Dengan menyederhanakan aturan perjalanan internasional untuk anak di bawah usia 18 tahun yang datang ke Inggris, kami membawa kabar baik bagi keluarga yang ingin kembali bertemu dengan orang yang dicintai, dan tujuan besar lainnya untuk sektor perjalanan," ujar Shapps.

Sementara Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Sajid Javid mengatakan, pengumuman hari ini merupakan suatu langkah maju bagi industri perjalanan, bisnis, dan membantu mereka yang ingin kembali berjumpa dengan kerabat dan handai taulan atau pergi ke luar negeri.

Baca juga : Cuma 4 Negara Yang Masih Gunakan Premium, Salah Satunya Indonesia

"Daftar merah dan sistem karantina tetap penting dalam melindungi perbatasan kami. Karena itu, kami tidak akan ragu untuk mengambil tindakan dengan menambahkan nama negara ke dalam daftar merah jika perlu. Kami akan segera memberlakukan pembatasan, jika diperlukan untuk melindungi kesehatan masyarakat," jelas Javid. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.