Dark/Light Mode

Mitigasi Bencana Dan Mobilisasi Pembiayaan, Indonesia Suarakan Solidaritas Negara Kepulauan

Rabu, 12 Juli 2023 12:19 WIB
Kepala Badan Pengembangan dan Informasi BPI Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi Ivannovic Agusta, dalam High-Level Political Forum on Sustainable Development 2023. Forum ini berlangsung pada tanggal 10-20 Juli 2023 di Markas PBB, New York, Amerika Serikat. (Istimewa)
Kepala Badan Pengembangan dan Informasi BPI Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi Ivannovic Agusta, dalam High-Level Political Forum on Sustainable Development 2023. Forum ini berlangsung pada tanggal 10-20 Juli 2023 di Markas PBB, New York, Amerika Serikat. (Istimewa)

 Sebelumnya 
Masyarakat global juga perlu menyediakan program pelatihan dan peningkatan kapasitas guna merespons dan memulihkan bencana.

Masyarakat global juga harus mendukung SIDS dalam mengakses dan memobilisasi pembiayaan untuk pembangunan berkelanjutan.

Ini mencakup pembiayaan lunak serta memfasilitasi kemitraan publik-swasta untuk investasi di sektor-sektor utama.

Dibutuhkan pula program peningkatan kapasitas dan inisiatif berbagi pengetahuan guna memberdayakan SIDS.

Baca juga : Resmi Diketok Palu, Lodewijk: Indonesia Siap Hadapi Berbagai Masalah Kesehatan

Aksi ini diarahkan untuk mengembangkan solusi berkelanjutan, termasuk melalui kerja sama negara-negara Utara-Selatan dan Selatan-Selatan.

"Selama bertahun-tahun, Indonesia telah bekerja sama dengan SIDS. Melalui Forum Negara Pulaul dan Kepulauan, misalnya, kami berkolaborasi menggalang ekonomi biru dan tata kelola maritim yang baik. Ini menjadi solusi pembangunan dalam mengatasi perubahan iklim dan sampah plastik laut," jelasnya.

Menurut Ivanovich, berbagai persiapan menjelang KTT SDGs pada bulan September 2023 sesungguhnya memberikan momentum guna meningkatkan solidaritas dan kerja sama global, termasuk untuk mendukung SIDS.

KTT kelak harus berkontribusi untuk menetapkan agenda Konferensi Internasional 2024 tentang SIDS.

Baca juga : Pertemuan Digelar Hari Ini, Indonesia Sambut Menlu Negara ASEAN

Ini akan menyoroti area prioritas dan tantangan yang muncul, serta dengan berfokus pada masalah SIDS yang paling mendesak.

Konperensi SIDS juga harus mengidentifikasi solusi yang dapat ditindaklanjuti semua negara pulau dan kepulauan.

Lebih jauh lagi, KTT SDG juga harus memfasilitasi kemitraan untuk mendukung pembangunan SIDS yang berkelanjutan.

Ini dijalankan dengan menghadirkan partisipasi beragam pemangku kepentingan, baik pemerintah, organisasi internasional, masyarakat sipil, maupun sektor swasta.

Baca juga : Komitmen Kapolri Lestarikan Budaya Indonesia Lewat Wayang Kulit Banjir Apresiasi

“Indonesia berharap dapat bekerja sama dengan SIDS dan komunitas internasional untuk memajukan agenda pembangunan kita” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.