Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemkab Bantul Mau Dirikan BLK UPTP, Kemnaker Respons Positif

Senin, 4 Oktober 2021 14:45 WIB
Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan, Budi Hartawan (kiri) dan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih (kanan).
Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan, Budi Hartawan (kiri) dan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih (kanan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan merespons positif rencana Pemerintah Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, terkait pendirian Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP) berupa Balai Latihan Kerja (BLK).

Nantinya, Pemkab Bantul berniat menyerahkan aspek pengelolaan kepada Kemnaker. Meski dikelola Kemnaker, pelatihan BLK ini akan disesuaikan dengan potensi daerah dan kebutuhan masyarakat setempat.

Baca juga : Bokek Abis, Buronan Serahin Diri Ke Polisi

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemnaker, Budi Hartawan, saat menerima kunjungan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, Sabtu (2/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Budi mengapresiasi kunjungan Muslih ke BBPLK Bandung dan BLK Lembang, dalam rangka mencari referensi untuk membangun BLK UPTP di Bantul. "BLK UPTP yang dibangun di Bantul untuk pengembangannya akan disesuaikan dengan potensi yang ada di Kabupaten Bantul," kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/10).

Baca juga : Mendag Bantu Angkat Derita Peternak Ayam Petelur

Pembangunan BLK UPTP di Bantul ini, ujarnya, sebagai solusi mendekatkan antara kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) terampil oleh perusahaan. "Kita harapkan, BLK UPTP yang dibangun bisa terintegrasi dengan kejuruannya, untuk dapat menghasilkan para pencari kerja yang kompeten," ujar Budi.

Dia juga menjelaskan, dalam setiap arahannya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah ingin, agar pembangunan dan pengembangan BLK UPTP dan UPTD yang bisa menjadi langkah dalam mendukung peningkatan keahlian SDM di daerah.

Baca juga : Jumlah Tes Antigen Nyaris 7 Kali Lipat PCR, Kasus Positif Naik 3.835

Sementara Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan, kunjungannya ini dalam rangka memperoleh gambaran dan informasi yang lebih detail tentang aktivitas BLK. Juga, seberapa besar manfaat bagi peserta pelatihan.

Menurutnya, BBPLK Bandung dan BLK Lembang bisa menjadi barometer dalam upaya meningkatkan keahlian SDM di Bantul. "Kita ingin BBPLK Bandung dan BLK Lembang nantinya bisa menjadi contoh dalam mengembangkan keahlian SDM yang ada di Bantul," ungkap Wakil Bupati Bantul periode 17 Februari 2016 hingga 26 Februari 2021 ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.