Dark/Light Mode

Mengapa Islam Cepat Mengglobal? (4)

Islam Agama Terbuka (2)

Minggu, 16 Januari 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Bagi dunia Arab, konsep ummah betul-betul tampil sebagai the dream society yang mengangkat martabat bangsa Arab, sebuah bangsa yang tidak pernah diperhitungkan sepanjang sejarahnya. Mungkin ini merupakan wujud revolusi mental yang pernah dilakukan seorang Nabi Muhammad SAW.

Bagi Nabi Muhammad sendiri, konsep ummah ini mengorbitkan namanya sebagai The top of the best di antara 100 tokoh yang pernah lahir dari nuka bumi ini, menurut Michael Hart, atau The best of the best di antara 11 tokoh dunia menurut Thomas Carlile. Banyak lagi buku terakhir yang ditulis para orientalis yang memuji Nabi Muhammad SAW sebagai The Best Leader and The Best Manager.

Baca juga : Islam Agama Terbuka (1)

Mungkin pertanyaan menariknya ialah, apakah komunitas Islam Indonesia bisa disebut umat atau belum, kita lihat unsur-unsur yang mempersatukan komunitas Islam di Indonesia.

Dalam lintasan sejarah bangsa Indonesia, secara politis belum pernah tampil sebagai pemenang dalam pemilihan umum. Kaum nasionalis selalu lebih dominan, meskipun kaum nasionalis itu pada umumnya diisi oleh komunitas Islam.

Baca juga : Islam Sebagai Agama Moderat (2)

Sebagian pakar mengklaim bahwa komunitas muslim Indonesia sudah dapat disebut ummah, mengingat unsur pokok yang harus dipenuhi sebuah umat sudah lengkap. Namun sebagian lainnya belum bisa menyebutnya sebagai suatu umat karena ikatan-ikatan keumatan masih terkalahkan oleh ikatan-ikatan lainnya.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.