Dark/Light Mode

Dekadensi Atau Pembengkakan Kualitas? (2)

Rabu, 26 Januari 2022 06:39 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam dunia suksesi kepemimpinan, baik dalam lingkup pemimpin formal seperti pemerintahan maupun dalam lingkup swasta dan paguyuban, di mana-mana uang ikut berbicara. Ironisnya, dalam ormas-ormas keagamaan pun sering kita mendengarkan faktor uang ikut berbicara dalam even penggantian pengurus.

Baca juga : Dekadensi Atau Pembengkakan Kualitas? (1)

Kelompok ini mengarahkan kesimpulannya pada tanda-tanda hari kiyamat sudah dekat, sebagaimana disinggung di dalam hadis bahwa tanda-tanda kecil (shugra) ialah manakala akhlak dan lingkungan hidup masyarakat sudah mengalami kerusakan parah.

Baca juga : Fenomena Baru Imigran Muslim Di Negara Barat (3)

Kelompok optimistik beranggapan bahwa yang terjadi dewasa ini bukanlah dekadensi moral secara fatal seperti yang digambarkan tadi. Akan tetapi yang terjadi saat ini ialah terjadinya pembengkakan kualitas umat dan warga bangsa. Akibatnya budaya membeo dan yesman sudah mulai ditinggalkan orang.

Baca juga : Fenomena Baru Imigran Muslim Di Negara Barat (2)

Mereka membedakan secara kritis antara dekadensi moral dan pembengkakan kualitas umat. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.