Dark/Light Mode

Jangan Membakar Emosi Umat (1)

Senin, 31 Januari 2022 06:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Seiring dengan perkembangan dunia media sosial, tahun-tahun terakhir ini, semakin marak ujaran kebencian berbasis keagamaan (religious hate speech).

Baca juga : Dilema Nikah Siri (4)

Terkadang sebuah narasi yang sesungguhnya bermaksud baik atau setidaknya bukan bermaksud memojokkan seseorang atau kelompok tertentu, tetapi narasi itu dipenggal, lalu dikomentari sedemikian rupa, sehingga bisa membakar emosi kelompok lain. Ini sangat berbahaya.

Baca juga : Dilema Nikah Siri (3)

Jika hal ini tidak diproteksi, maka bisa menjadi ancaman desintegrasi bangsa yang di luar dugaan. Kekuatan intelijen kita sering kali kalah cepat dengan dahsyatnya penyebaran media sosial.

Baca juga : Dilema Nikah Siri (2)

Jika yang diviralkan isu yang bisa membakar emosi umat, lebih berbahaya lagi, karena isu itu banyak orang lain yang berkepentingan untuk memanfaatkannya. Apakah itu kepentingan politik, bisnis, dan tak terkecuali kelompok keagamaan atau mazhab tertentu. Diperlukan sistem etika di dalam berkomunikasi secara verbal dan virtual agar tidak menimbulkan keresahan baru masyarakat yang selama ini sudah menjadi resah dengan kesulitan ekonomi sebagai akibat wabah virus Covid 19. (Bersambung)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.