Dark/Light Mode

Memahami Kelompok Radikal (4)

Rabu, 2 Maret 2022 07:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok Radikal tergolong sangat menakjubkan. Selain konsisten, amat tekun, cerdas, dan solid, juga berani dan nekat. Dalam menggalang massa, mereka dengan tekun door to door mencari pengikut dengan penguasaan materi yang lumayan bagus, sehingga orang bisa seperti terhipnotis, tertarik untuk mendukung ide-idenya. Minimal, mereka membuat diam dan tidak memerotes keberadaan kelompok ini.

Baca juga : Memahami Kelompok Radikal (3)

Anak-anak muda yang kosong bisa dengan gampang diisi oleh mereka dengan berbagai cara, termasuk memberikan buku-buku, mengirim email secara rutin, meng-SMS setiap kegiatan menarik yang mereka lakukan. Lama kelamaan pemuda tadi luluh dan terbentuk kesadaran baru di dalam benaknya, minimal bisa memahami ide dasar yang mendasari misi kelompok tersebut cukup bagus.

Baca juga : Memahami Kelompok Radikal (2)

Dalam beberapa kasus, pelajar dan mahasiswa “diculik” untuk “disekolahkan” di satu tempat yang rahasia. Biasanya mereka menutup mata korbannya, lalu diajak berputar-putar menggunakan kendaraan hingga tiba di sebuah kamar yang dijaga ketat. Di sanalah mereka didoktrin siang dan malam, sampai akhirnya dianggap “khatam” dan bisa diwisuda.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.