Dark/Light Mode

Antara Halal Dan Kosher (1)

Sabtu, 19 Maret 2022 06:35 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Islam dan Yahudi dua agama yang memang sangat disiplin terhadap berbagai jenis produk dan konsumen bagi umatnya. Keduanya sama-sama mengharamkan memakan produk yang terkontaminasi dengan daging babi. Tidak heran jika dalam sebuah restoran yang tidak menyuguhkan babi sering­kali berjumpa antara komunitas muslim dan komunitas Yahudi.

Baca juga : Halalan Thayyibah

Namun, jaminan produk halal tidak identik dengan kosher. Dalam Islam, jaminan produk halal tidak termasuk alkohol dan wine, sedangkan dalam konsep kosher, termasuk. Dengan kata lain, Yahudi membenarkan mengkon­sumsi alkohol dan wine.

Baca juga : Halal

Sebaliknya banyak produk yang oleh orang-orang Yahudi dianggap haram, tetapi dianggap boleh oleh orang Islam. Bahkan dalam konsep kosher, jauh lebih ketat daripada konsep jaminan produk halal dalam beberapa hal.

Baca juga : Antara Hijriyah Dan Masehi (2)

Di AS, kelompok agama Yahudi sangat aktif melakukan penelitian di berbagai supermarket untuk meneliti produk-produk yang tidak halal atau tidak kosher untuk dikonsumsi.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.