Dark/Light Mode

Renungan Ramadhan (4)

Taubat Inabah Dan Istijabah (2)

Senin, 11 April 2022 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertanyaan mendasar kepada diri kita, jenis tobat apa yang kita miliki? Apakah kita sudah melakukan penyesalan terhadap dosa dan maksiat yang telah kita lakukan?

Baca juga : Taubat Inabah Dan Istijabah (1)

Apakah kita tergolong yang selalu membayangkan panasnya api neraka setelah melakukan dosa dan maksiat? Apakah sudah terbetik rasa malu kepada Allah SWT setelah kita melakukan dosa? Apakah telah muncul penyesalan mendalam dan bertekad memutuskan segenap dosa-dosa dan maksiat langganan kita, karena takut atau malu kepada Allah SWT?

Baca juga : Mendelegitimasi Seruan Negara [2]

Apakah kita telah mengganti langganan dosa dan maksiat itu dengan amal kebajikan? Atau kita sama sekali belum melakukan perubahan dalam diri kita, dosa dan maksiat masih berjalan terus tanpa rasa penyesalan sedikit pun?

Baca juga : Dahsyatnya Tahajjud

Tidak terkecuali siapapun di antara kita, sepantasnya mengintip umur kita. Tanda-tanda ketuaan apa yang kita sudah miliki, semisal uban sudah bercampur di tengah rambut hitam kita, rasa ngilu di tulang persendian akibat gejala penuaan, pembatasan-pembatasan apa yang diminta dokter pribadi kita, semisal membatasi makanan dan pergerakan fisik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.