Dark/Light Mode

Perkawinan Politik Duryudana

Senin, 30 Mei 2022 06:10 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Menurut Baladewa dan Kurawa, Semar tidak pantas besanan dengan raja Dwarawati. Drajat Semar sebagai rakyat jelata tidak semestinya melamar putri seorang raja. Petruk tidak bisa terima dengan yang dituduhkan Prabu Baladewa. Terjadilah pertarungan sengit antara Petruk dan Baladewa yang dibantu Kurawa.

Untuk menghindari jatuhnya korban, Prabu Kresna akhirnya membuat sayembara siapa yang berhak memboyong Endang Loro Temon. Adapun syarat yang diminta Kresna di antaranya; Pesta perkawinan kedua mempelai diiringi dengan alunan Gamelan Lokananta dari Khayangan.

Baca juga : Bangkit Bersama Pandawa

Lalu, perias pengantin adalah Dewa Kamajaya dan bidadari Kamaratih. Pesta perkawinannya dihadiri undangan seribu kerajaan. Penari atau cucuk laku adalah seekor kera putih yang bisa tata janma atau bicara seperti manusia.

Prabu Baladewa merasa ditolak halus dengan persyaratan yang begitu berat dari Prabu Kresna. Karena Baladewa hanya sebagai utusan Kurawa. Maka semua persyaratan perkawinan disampaikan kepada Prabu Duryudana. Baladewa sebenarnya tahu maksud perkawinan Lesmana dan Putri Dwarawati merupakan perkawinan politik. Agar kelak Prabu Kresna ada di pihak Kurawa saat terjadi perang Baratayuda melawan satria Pandawa.

Baca juga : Makna Lebaran Dan Laburan

Semar melakukan koordinasi dengan para Pandawa untuk membantu memenuhi persyaratan yang diminta Prabu Kresna. Arjuna diutus ke khayangan untuk meminjam gamelan Lokananta. Begitu pula Bima diberi tugas untuk menyebar undangan seribu kerajaan dan termasuk Anoman si kera putih yang bisa tata janma.

Perkawinan politik Duryudana gagal total, Mo," sela Petruk, membuyarkan lamunan Romo Semar. "Betul, Tole. Perkawinan merupakan ritual sakral untuk membina keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Perkawinan yang dilandasi cinta dan kasih sayang demi terwujudnya ketentraman dalam berumah tangga. Jangan sampai ritual sakral memiliki motif-motif tertentu jauh dari tujuan mulia perkawinan itu sendiri," sahut Semar. [Oye]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.