Dewan Pers

Dark/Light Mode

Makna Lebaran Dan Laburan

Senin, 9 Mei 2022 06:17 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebaran artinya selesai. Setelah sebulan berpuasa dilanjutkan dengan berlebaran. Perjalanan mudik ke kampung halaman untuk melengkapi ritual Lebaran. Tradisi saling memaafkan merupakan wujud kerendahan hati manusia dalam mengakui kesalahan. Sehingga diharapkan pascalebaran kadar iman seseorang meningkat. Ibarat pagar rumah yang sudah kusam, kembali bersinar setelah dilabur. Labur atau dicat ulang dengan gamping putih. Laburan merupakan pengejawantahan warna putih setelah manusia saling memaafkan.

Berita Terkait : Jalan Panjang Mudik Gunadewa

“Setelah Lebaran dan Laburan. Lalu kapan liburannya, Mo?” celetuk Petruk. Romo Semar mesem dan tidak serta merta menjawab pertanyaan Petruk. Semar tahu arah pertanyaan anaknya Petruk. Liburan panjang tidak elok kalau tidak dimanfaatkan berlibur memanjakan diri dan keluarga. Pemerintah sudah bekerja keras mengurai kemacetan selama mudik Lebaran. Setelah dua tahun larangan mudik diberlakukan karena Covid. Tahun ini merupakan hadiah untuk merayakan mudik Lebaran.

Berita Terkait : Gandamana Vs Sengkuni

Lontong opor dan penganan khas lebaran tersaji rapi di meja makan. Romo semar dengan sigap melahap legitnya potongan lontong yang disiram kuah opor. Kepulan asap rokok klobot membawanya ke zaman liburannya Bethara Guru di Khayangan Jonggring Saloko.

Berita Terkait : Togog Gugat Konstitusi

Kocap kacarito, Bethara Guru stres memikirkan kelakuan istri tercintanya Dewi Uma. Guru tidak menyangka kalau istri yang selama ini dicintai berani berbuat serong dengan dewa lain yang lebih muda. Lebih sakit lagi Bethara Guru mengetahui perbuatan istrinya dari Shang Hyang Wenang atau bapaknya Bethara Guru. Hancur hati Dewa Guru dan kehilangan kontrol diri. Dewi Uma disabda menjadi raksasi buruk rupa dan diusir dari Khayangan tempat para Dewa. Karena wujudnya jelek maka namanya diganti menjadi Durga. Bethari Durga hidup di Sentra Ganda mayit tempatnya para peri dan jin bersemayam.
 Selanjutnya