Dark/Light Mode

Tantangan Global Umat Masa Depan (9)

Millenial: ``Agama Sahabat Tetapi Merepotkan``

Minggu, 5 Juni 2022 06:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Agama di level awal isinya benturan, di level menengah isinya pengertian mendalam, di level atas isinya cinta, dan dilevel puncak isinya kepasrahan dan tawakkal. Mari kita mendaki agama kita sehingga mencapai puncak kepasrahan (islam). Selama kita bertahan di level bawah selama itu pula kita hidup di level memberatkan atau diberatkan. Jika hidup dan beragama di level atas maka kita akan hidup di level meringankan atau diringankan. Jangan pernah berhenti mencari sebelum menemukan, karena di atas langit masih banyak langit. Akan tetapi jangan menghabiskan waktunya sepanjang masa hanya untuk mencari dan terus mencari.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama

Selama kita masih mencari selama itu pula energy kita tersedot. Jika pada saatnya sudah sampai dan menemukan yang dicari (makna hidup), maka di situ akan surplus energy. Karena itu, mencari akan melelahkan dan menemukan akan melegakan. Dunia tanpa agama melelahkan dan agama tanpa dunia menyulitkan, dan sinergi antara keduanya melegakan.

Baca juga : Agama Kehilangan Daya Jihad

Tantangan kita sebagai umat beragama, bagaimana mera­sakan agama sudah bukan lagi terasa membebani tetapi membebaskan, ajarannya tidak lagi terasa wajib tetapi dinikmati, tidak lagi kita rasakan sesuatu yang “we have to...”, tetapi sudah menjadi “I like to ...”. Agama tidak lagi menjadi bagian dari problem, tetapi benar-benar menjadi solusi permanen terhadap seluruh problem kehidupan kita. Agama sudah mampu mengubah penderitaan menjadi ken­ikmatan, mengubah kekecewaan menjadi sesuatu yang indah, rasa sakit pada penyakit semakin berkurang, pengabdian kepada Tuhan dan kepada keluarga dan masyarakat lebih tulus, dan energi agama sudah menembus lorong-lorong buntu dalam kehidupan. Bahkan mati pun tidak lagi mena­kutkan, ancaman neraka pun tidak lagi mengerikan, karena sudah terjadi kesadaran puncak bahwa kita adalah bagian dari diri-Nya. Subhanallah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.