Dark/Light Mode

Intervensi Wahyu Ratu

Senin, 20 Juni 2022 06:10 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Dewi Durgandini adalah raja putri dari kerajaan Wirata. Sebelumnya Dewi Durgandini pernah kawin secara sembunyi dengan Bambang Parasara. Dari perkawinannya mempunyai seorang anak yang bernama Abiyasa. Kelak Abiyasa menurunkan satria Pandawa dan Kurawa. Abiyasa memilih hidup jauh dari keramain dunia. Abiyasa memilih menjadi brahmana dan hidup di Padepokan Sapta Arga.

Baca juga : Strategi Prabu Kresna

Prabu Sentanu tertarik oleh kecantikannya Dewi Durgandini. Maka diutuslah anaknya Bisma untuk melamar Dewi Durgandini di kerajaan Wirata. Sebagai seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya. Tugas untuk mengawinkan bapaknya merupakan tugas mulia. Apalagi Prabu Sentanu sudah lama hidup seorang diri. Dewabrata kaget begitu mendengar persyaratan yang diajukan Dewi Durgandini. Durgandini bersedia dikawin oleh Prabu Sentanu asal kelak yang menjadi pewaris kerajaan Hastina adalah anak dari perkawinannya. Padahal Prabu Sentanu sudah memiliki anak laki-laki yaitu Bisma sebagai pewaris kerajaan.

Baca juga : Balapan Di Padang Kurusetra

Bisma legowo untuk tidak menjadi ratu di Hastina. Asalkan Dewi Durgandini bersedia diboyong ke kerajaan Hastina dan kawin dengan Prabu Sentanu. Bahkan Bisma bersumpah wadat tidak akan kawin selama hidupnya. Sumpah wadat ini untuk meyakinkan Dewi Durgandini atas tahta kerajaan Hastina kelak.

Baca juga : Perkawinan Politik Duryudana

“Sungguh luhur hati Bisma, Mo. Bersedia berkorban untuk kebahagiaan orang lain,” celetuk Petruk. “Betul, Tole. Seorang pemimpin harus berani berkorban untuk kepentingan yang lebih besar. Pemimpin yang bijaksana bukan mencari tahta. Akan tetapi siap berkorban dan mengayomi rakyat yang dipimpinnya,” papar Romo Semar. Di sisi lain, pemimpin yang dipaksakan selain menimbulkan bencana akan membawa kutukan. Seperti kutukan perang Baratayuda akibat intervensi Dewi Durgandini terhadap tatanan politik kerajaan Hastina. [Oye]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.