Dark/Light Mode

Tinjauan Haji Dalam Berbagai Dimensi Spiritual (6):

Makna Spiritual Ka`bah (2)

Rabu, 13 Juli 2022 06:39 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Tentu saja pakaian dalam ayat yang dihubungkan ke­pada Adam dan Hawa (Q.S. al-A’raf/7:22) bisa juga dipa­hami dengan makna simbolik, sebagai penutup aib setelah melakukan suatu pelanggaran yang memalukan.

Pelajaran berharga yang kita peroleh dari drama kosmik ini ialah, kita tidak boleh jatuh ke dalam lubang yang sama seperti kata pepatah. Ayat Al-Qur’an juga menyatakan hal yang sama: “Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari ked­uanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya.

Baca juga : Makna Spiritual Ka`bah (1)

Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kalian dari suatu tempat yang kalian tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beri­man”. (Q.S. al-A’raf/7:27).

Peringatan Allah SWT di atas akan sangat terasa jika kita berada di dalam rangkaian ibadah haji. Di situ secara psikologis kita berada di dalam sebuah alam yang lain. Kita bisa bepergian ke tempat-tempat istimewa di seluruh penjuru dunia, termasuk ke planet lain dengan pesawat ulang-alik sekalipun, namun kita tidak pernah merasakan perasaan seperti ketika kita sedang menunaikan ibadah haji.

Baca juga : Dimensi Spiritual (4): Perspektif Hakekat

Betapa tidak, ibadah haji itu merupakan miniatur per­jalanan kosmik. Kita sedang menjadi aktor atau aktris dalam drama kosmik itu.

Perjalanan ibadah haji bagaikan napak tilas siklus per­jalanan kosmik. Kita seolah menjadi pemeran utama dalam drama kosmik itu. Dan yang amat penting, kita terasa berada dalam perjalanan pulang ke kampung halaman rohani kita di Surga, tempat nenek moyang kita, Adam dan Hawa dicip­takan. Tempatnya para Nabi dan para kekasih Tuhan yang lainnya. Bahkan kita pun merasa bagian dari kekasih Tuhan yang diundang secara khusus ke rumah-Nya, Baitullah, rumah pembebasan (Bait al-‘Atiq). Subhanallah! ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.