Dark/Light Mode

Tinjauan Haji Dalam Berbagai Dimensi Spiritual (8):

Egaliterianisme Ka`bah

Kamis, 14 Juli 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sehubungan dengan ini, menarik dihayati lebih dalam firman Allah SWT: “Dan dari mana saja kamu ke luar, maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram; sesungguhnya ketentuan itu benar-benar sesuatu yang hak dari Tuhanmu. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kalian kerjakan”. (Q.S. al-Baqarah/2:149).

Semoga para hujjaj semuanya menggapai tujuan (al-hajj), yaitu Haji Mabrur, haji yang dijanjikan dengan surga jannah al-na’im (taman spiritual yang penuh kelezatan).

Baca juga : Makna Spiritual Ka`bah (2)

Haji sebagai arena muktamar umat Islam terbesar di dunia, berkumpul di depan sebuah bagunan hitam bersegi empat, betul-betul menjadi muara, sekaligus pusat gravitasi spiritual yang mengikis habis ego-ego individu dan sosial.

Betapa tidak, semua umat Islam di manapun berada dan apapun status sosialnya, sama-sama harus menghadap ke Kiblat di dalam beribadah, terutama shalat. Bahkan dikata­kan tidak sah shalat atau penyembahan seseorang jika tidak mengetahui dan meyakini kiblatnya.

Baca juga : Makna Spiritual Ka`bah (1)

Doa iftitah yang diikrarkan saat memulai shalat kita berikrar dengan menyebut ayat: “Innii wajahtu wajhiya, lilladzii fatharas samaawaati wal ardha, haniifan musliman, wa maa ana minal musyrikiin” (Sesungguhnya aku meng­hadapkan wajahku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. (Q.S. Al-An’am/6:79).

Doa iftitah dan penegasan ayat ini menekankan penting­nya segenap diri kita yang berlapis-lapis ini menghadap (tawajjuh) kepada Allah SWT yang kualitasnya disimbolkan kepada Ka’bah atau Baitullah. Allahu a’lam. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.