Dark/Light Mode

Bagaimana Merawat Kemabruran Haji? (5)

Memelihara Qana`ah

Selasa, 2 Agustus 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dikatakan bahwa Allah mengutus seekor kijang ke hadapan Musa dan Khidhr AS. ketika mengucapkan Musa mengucapkan ucapannya tadi. Di dekat Khidhr ada daging kijang yang sudah terpanggang dan di dekat Musa juga ada daging kijang yang masih mentah. Hal ini memberi isyarat bahwa Khidhr itu bersikap sabar atas kelaparan, maka ia menyantapnya, sedang Musa AS. yang tidak sabar justru tidak bisa menyantapnya.

Dalam mengomentari ayat 97 surat al-Nahl “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik,” Ikrimah berpendapat, kata “kehidupan yang baik” dalam ayat ini adalah Qana’ah.

Baca juga : Memelihara Rasa Tawakkal

Demikian juga dalam ayat 58 surat al-Hajj “Benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rezki yang baik.“ Rezki yang baik dimaksudkan dalam ayat ini adalah Qana’ah. Dalam firman Allah ayat 33 surat al-Ahzab/33 “Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.”

Maksud al-Rijs dalam ayat ini kekikiran dan kerakusan.” Dan kalimat “wa yuthahhirakum thathhiran” (membersihkan kamu sebersih-bersihnya) dimaksudkan ialah dengan cara dermawan dan Qana’ah. Ada juga yang berpendapat, maksudnya dengan cara dermawan dan lemah lembut. Firman Allah ayat 35 surat Shad/38 “Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku." Kerajaan yang dimaksud dalam ayat ini ialah sikap qana’ah yang sempurna.

Baca juga : Memelihara Kesabaran

Orang yang tidak pernah puas dengan jabatannya dan selalu mengincar jabatan orang lain dengan berbagai cara, termasuk meninggalkan Qana’ah dan mengejar kehinaan. Ambisi berlebihan lawan dari Qana’ah. Sifat-sifat tercela tersebut seyogyanya sudah tidak lagi membebani jamaah haji, karena rasa Qana’ah lebih kuat bekerja di dalam diri yang bersangkutan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.