Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menghemat Politik Identitas (39)

Menyikapi Komunitas LGBT (2): Antara Kodrat Dan Pilihan

Jumat, 23 September 2022 06:34 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Testis bagi laki-laki berfungsi untuk memproduksi hor­mon testoterone, suatu hormon pembawa sifat-sifat kejan­tanan dan sekaligus menentukan struktur organik laki-laki. Hormon ini berfungsi memproduksi sperma, mengatur perkembangan tulang, pergerakan otot, penyimpangan le­mak, perilaku seksual, pola raut muka, pelebaran dada, dan penegakan tulang rawan, dan ketajaman suara.

Sedangkan ovary bagi perempuan memproduksi hormon prolactin, extrogen, dan progesteron. Dua jenis yang terakhir sangat berpengaruh dalam pembentukan sifat-sifat dasar perempuan.

Baca juga : Menyikapi Komunitas LGBT (1)

Laki-laki dan perempuan mempunyai kromosom seksual yang berbeda. Perempuan mempunyai dua kromosom yang sejenis, yaitu XX, karenanya disebut homogametic sex, dan laki-laki mempunyai dua kromosom yang berbeda; satu di antaranya sama dengan perempuan, X dan lainnya, Y, khusus bagi laki-laki. Laki-laki disebut heterogametic sex, karena ia mempunyai dua jenis kromosom (XY).

Kromosom seksual adakalanya terjadi penyimpangan atau kelainan. Ada tiga jenis ketegori penyimpangan yang sering ditemukan, yaitu: (1) Sindrom Turner, seorang perempuan yang mengalami kelainan pada salah satu kromosom X-nya. Kromosom X yang mengalami kelainan sementara disebut kromosom O (XO). Postur orang ini mirip perempuan normal, hanya buah dadanya yang tampak mengecil dan berprilaku lamban. 

Baca juga : Menghargai Kepemimpinan Perempuan (2)

(2) Sindrom Klinefelter, yaitu seorang yang mempunyai kromosom XXY. Postur orang ini biasanya mempunyai identitas seks ganda; selain mempunyai penis sebagaimana laki-laki, ia juga mempunyai buah dada menonjol seba­gaimana perempuan. Perilakunya juga ganda, bisa tampil sebagai laki-laki dan sebagai perempuan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.