Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menghemat Politik Identitas (33)

Islam Sebagai Agama Terbuka

Sabtu, 17 September 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu keunikan Islam ialah sangat terkesan sebagai agama terbuka. Mungkin tidak ada Kitab Suci di dunia ini selain Al-Qur’an yang secara eksplisit memberi pengakuan terhadap keberadaan agama-agama lain. Al-Qur’an menye­but 15 kali agama Yahudi, 10 kali agama Nashrani, termasuk beberapa kali agama-agama lain seperti Majusi, dan Shabi’in (penyembah berhala).

Keberadaan orang-orang non-muslim di dalam struktur pemerintahan Islam tidak perlu dipermasalahkan sepa­njang itu proporsional. Banyak riwayat dapat dijadikan alasan, antara lain, riwayat Salman al-Farisi, seorang yang berketurunan Persia, belum muslim tetapi sudah menjadi inner circle Nabi di Madinah dan diberi keper­cayaan penting untuk menyusun strategi perang. Ia sering memberikan shadaqah dan hadiah kepada Nabi dan para sahabat Nabi.

Baca juga : "Masuklah Melalui Pintu Yang Berbeda-beda"

Salman al-Farisi diperlakukan segaimana layaknya seorang muslim. Ia dikenal salahseorang arsitek perang yang handal. Ia juga yang merancang benteng Nabi di Madinah berupa penggalian parit (khandaq). Pada akhirnya, ia masuk Islam dan ia semakin mendapatkan kepercayaan terhadap Nabi dalam banyak hal, termasuk yang agak rahasia.

Keluarga dari salahseorang isteri Nabi, yaitu Maria binti Syam’un Al-Qibthiyyah al-Mishriyyah, dari kelom­pok Kristen Koptik Mesir. Demikian pula keluarga isteri Nabi bernama Shafiyah binti Hayy, ayahnya masih aktif sebagai salahseorang pemimpin Yahudi. Keluarga mantan suami putrinya, Zainab binti Muhammad juga ada yang beragama non-muslim.

Baca juga : Islamo Phoby: Cecak Atau Buaya?

Yang tak bisa dilupakan ialah sepupu Khadijah, Waraqah bin Naufal ibn Asad ibn Abdul ‘Uzzah, tokoh Kristen, yang menenangkan Nabi setelah mendapatkan wahyu pertama dari Goa Hira. Sahabat-sahabat karib Nabi juga banyak non-muslim, terutama relasi bisnisnya ketika masih aktif sebagai saudagar di Mekkah. Kepercayaan dan kedekatan Nabi dengan orang-orang non-muslim, diikuti juga oleh sahabat-sahabatnya yang lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.