Dark/Light Mode

Mengenal Isme-isme Kontroversial (7)

Hedonisme

Jumat, 14 Oktober 2022 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu isme yang perlu dicermati ialah gaya dan pandangan hidup hedonisme. Hedonisme semula menjadi sebuah aliran di dalam filsafat Yunani kemudian berkem­bang menjadi sebuah istilah di dalam masyarakat modern yang difahami sebagai puncak kebahagiaan hidup manakala seseorang mempersiapkan sarana-sarana kebahagiaan dan melanggengkan kebahagiaan itu selama mungkin. Di samp­ing itu, orang juga harus berusaha memproteksi segala ses­uatu yang bisa mengganggu kebahagiaan yang dicapainya. Hedonisme bagian dari pola hidup fragmatisme karena definisi kebahagiaan yang dicarinya dititikberatkan kepada kesenangan jasmani. Bahkan hedonisme juga seringkali diwarnai oleh gaya hidup individualisme karena cenderung tidak memedulikan kehidupan sosial, yang penting diri dan keluarganya merasakan kebahagiaan.

Baca juga : Pragmatisme

Gaya hidup hedonisme selalu menghadirkan hal-hal yang bersifat kesenangan (fun), misalnya rumah yang dilengkapi berbagai macam sarana hiburan dan kesenangan, seperti ta­man luas dan indah, dilengkapi dengan kolam renang, home theatre, kitchen set maksimum, multimedia, dan koleksi-koleksi seni. Mobil-mobil multi fungsi dan masing-masing dilengkapi dengan berbagai macam asesoris yang multi-fun. Lingkungan tempat tinggalnya bukan hanya dikelilingi tembok tinggi untuk menjaga privacy, tetapi juga system security lingkungan huniannya diatur sedemikian rupa, bagai sebuah istana.

Baca juga : Siyasah Syar`iyyah

Gaya hidup keluarga dan time schedule mingguan, bu­lanan, tahunan, dan lima tahunan diatur sedemikian rupa; mulai jadwal olahraga, rekreasi, fakansi, dan kalender lifestyle lainnya. Mereka merancang hidupnya seolah-olah tidak boleh ada celah sedikit pun untuk datangnya sebuah kesedihan dan kesengsaraan. Untuk menutupi cost yang tentu tidak sedikit itu, maka mereka memporsir di­rinya untuk mencari uang sebanyak-banyaknya. Cara dan sumber perolehannya tidak lebih penting dari pada tujuan penggunaannya, sehingga orang-orang yang berpola hidup hedonisme cenderung a sosial.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.