Dark/Light Mode

Mengenal Isme-isme Kontroversial (6)

Pragmatisme

Kamis, 13 Oktober 2022 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pragmatisme sebuah aliran filsafat yang beranggapan bahwa nilai-nilai kebenaran, kebaikan, dan kewajaran kebenaran di dalam hidup ialah seberapa besar sesuatu itu memberi manfaat dan kegunaan di dalam diri, keluarga, atau kelompok.

Dengan kata lain, segala sesuatu itu ditentukan oleh nilai kemanfaatan secara praktis di dalam mempermu­dah orang untuk menjalani kehidupannya.

Dengan demikian, standar nilai menjadi sangat sub­yektif. Nilai-nilai dasar universal dan dan fundamental, seperti yang ditemukan di dalam agama menjadi terping­girkan, karena segalanya diukur berdasarkan kepentingan subyektif.

Baca juga : Siyasah Syar`iyyah

Pragmatisme mempunyai tiga ciri utama, yaitu (1) meno­lak segala intelektualisme, dan (2) absolutisme, serta (3) meremehkan logika formal.

Sadar atau tidak, ada kecend­erungan kuat di dalam masyarakat kita, mulai terkontaminasi pandangan hidup seperti ini.

Asas kegunaan dan manfaat dalam kehidupan praktis ini seolah mengubah pandangan hidup di dalam masyarakat, sehingga para tokoh agama dan para ilmuan merasa terpaksa harus mengevaluasi dan mereinterpretasi pemahaman dalil-dalil agama yang selama ini dipegang di dalam masyarakat.

Baca juga : Etika Suksesi Dalam Islam

Bukan hanya terhadap nilai-nilai budaya yang orofan, tetapi nilai-nilai agama yang sakral pun ikut tergerus dengan arus perkembangan faham pragmatism ini.

Paham ini seolah menjadi sebuah agama baru di dalam masyarakat.

Apa jadinya masyarakat bangsa dan umat beragama, khususnya umat Islam, jika pandangan hidup pragmatism ini terus menggejala di dalam masyarakat?

Baca juga : Sekularisme

Bagaimana kita sebagai umat dan warga bangsa harus bersikap dan apa yang harus dilakukan  guna mengantisipasi fenomena sosial umat mengglobal sedemikian pesat ini?
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.