Dark/Light Mode

Mengenal Isme-isme Kontroversial (9)

Messianisme

Minggu, 16 Oktober 2022 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam agama-agama lain, cerita akan hadirnya juru se­lamat juga sangat populer. Agama yang mengenal konsep messianisme antara lain agama Yahudi, yang memperkenal­kan konsep Mahdisme, Kristen Orthodox, Budha, Hindu, Bahai yang merujuk kepada Bahaullah.

Konsep yang mirip dengan messianisme juga ternyata dikenal dalam agama Taoisme, Zoroaster, Zionisme, Rastafarianisme, Forum John, Messianisme Rusia dan Slavic, dan lain-lain.

Baca juga : Individualisme

Messianisme itu sendiri sesungguhnya wajar saja, jika dipercayai oleh berbagai penganut agama. Tapi yang perlu dicermati ke depan dengan munculnya isu messianisme ialah legitimasi politiknya. Dalam sejarah panjang bangsa Indonesia, cerita kelahiran atau hadirnya Imam Mahdi sudah sering terjadi. Baik yang diklaim oleh masyarakat luas maupun yang mengklaim dirinya sendiri, lalu mencari pengaruh di masyarakat.

Kita masih mengingat Kartosuwiryo di Jawa Barat, Kahar Muzakkar di Makassar dan Daud Beureueh di Aceh, mereka pernah dimitoskan sebagai Imam Mahdi. Tidak sedikit pengikut mereka yang jadi korban dan juga telah mengorbankan orang lain lantaran keyakinan mitos Imam Mahdi ini.

Baca juga : Hedonisme

Manakala situasi di masyarakat sudah sedemikian rusak dan mencekam, maka pada saat itu riskan munculnya figur yang mengklaim diri atau diklaim oleh masyarakat sebagai Imam Mahdi. Jika isunya sudah masuk ke wilayah agama, maka dampak eskalasi publiknya akan meluas. Kita tidak boleh jatuh di lubang yang sama, karena itu, isu messian­isme perlu dicermati. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.