Dark/Light Mode

Mengenal Isme-isme Kontroversial (11)

Ateisme

Selasa, 18 Oktober 2022 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Meskipun Indonesia dikenal sebagai reli­gious, sebuah Negara yang mempertahankan nilai-nilai social keagamaan di dalam masyarakatnya, perlu diuji kembali, benarkan rakyat bangsa Indonesia masih kuat berpegang teguh terhadap ajaran agamanya? Dengan kata lain, masihkah para penduduk Indonesia masih seperti dulu, nilai-nilai luhur agama dan keagamaannya masih dipegang teguh oleh masyarakat? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu diadakan suvey lebih akurat. Para pengikut kaum ateis perlu didalami alasannya mengapa mereka berani meninggalkan agamanya dan beralih kesebuah alirtan atau kepercayaan baru?

Baca juga : Sinkretisme

Pada umumnya kaum ateis beralasan mengapa mereka tidak percaya kepada Tuhan antara lain karena tidak per­caya kepada hal-hal yang bersifat supernatural dan hal-hal lain yang tidak masuk akal. Mereka lebih berpandangan fragmatis sehingga mereka beranggapan tidak efektif menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tdianggapnya tidak berguna. Selain itu mereka juga tidak percaya agama untuk didugunakan sebagai direction di dalam kehidupan mod­ern karena standard dan paradigm agama sulit diprediksi. Mereka lebih percaya ilmu pengetahuan karena semuanya bisa lebih terukur.

Baca juga : Messianisme

Para generasi muda Indonesia yang lulus di negara-negara barat dan sebelumnya tidak pernah memahami dan menda­lami peran dan fungsi agama (Islam) di dalam diri, keluarga, masyarakat, dan negara, perlu diberika paket pembekalan khusus yang intinya tidak lain adalah penyadaran akan peran agama dan spiritualitas di dalam kehidupn pribadi dan masyarakat. Bagi warga bangsa Indonesia ideologi Panca Sila salahsatu nilai yang bisa membantu untuk terciptanya pribadi utuh. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.