Dark/Light Mode

Moralitas Politik Dalam Islam (17)

Pemimpin Tidak Boleh Mempersulit Rakyat

Sabtu, 19 November 2022 06:35 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pada suatu ketika, Anas bin Malik menceritakan dirinya mendampingi Nabi kurang lebih sepuluh tahun, tetapi Nabi tidak pernah membentak apalagi memarahinya. Berlaku lemah lembut dan bijaksana telah menjadi keharusan bagi seorang pemimpin sebagai aktualisasi ajaran Nabi dalam semua lini kehidupan; dan telah menjadi kunci keamanan dan kedamaian.

Demikian halnya para sahabat Nabi ketika mereka diberi amanah sebagai pemimpin. Umar bin Khattab di awal kepemimpinannya beliau berdoa: Ya Allah, aku ini adalah hamba-Mu yang keras hati, maka lembutkanlah. Itu artinya bahwa di dalam mengelola sebuah pemerintahan dibutuhkan sifat lembut.

Baca juga : Pemimpin Harus Amanah

Kelembutan Nabi pernah diungkapkan oleh Imam al-Qarafi, Nabi tidak pernah sekalipun bertindak kasar dan berkata-kata tidak senonoh kepada orang lain, sekalipun orang itu musuhnya. Kelemahlembutan Nabi diungkapkan oleh para isterinya, khususnya ‘Aisya ra, ia pernah meng­gambarkan akhlak dan perilaku Nabi ialah Al-Qur’an, sedangkan Al-Qur’an itu sendiri adalah firman Allah (ka­lam Allah).

Kepribadian Nabi banyak diungkap di dalam buku-buku bisnis dan management. Di antaranya yang paling sering dikutip ialah kehangatan Nabi terhadap orang tua dan anak-anak kecil. Ini semua pertanda bahwa Nabi sangat mengedepankan ajaran keseimbangan.

Baca juga : Pemimpin Harus Transparan

Ia pernah menegaskan bahwa: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia berkata yang baik atau diam”. Selain itu, orang bijak mengatakan: Lisan kita dapat mengantarkan kita ke surga atau ke neraka, lisan juga mampu memberi sakit yang begitu perih melebihi tajamnya pedang. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.