Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moralitas Politik dalam Islam (18)

Pemimpin Harus Muru`ah

Minggu, 20 November 2022 06:28 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu pengertian muru’ah ialah memiliki rasa malu yang tinggi untuk melakukan ketercelaan. Muru’ah meru­pakan modal besar bagi seseorang di dalam menempuh per­jalanan hidupnya. Orang yang tidak punya rasa malu sama dengan mayat berjalan. Kehilangan rasa malu betul-betul sangat memalukan tetapi yang lebih memalukan lagi ialah pemimpin yang tidak memiliki rasa malu.

Banyak hadis yang mengingatkan pentingnya rasa malu, di antaranya hadis dari Yazid Ibnu Thalhal Ibnu Rukanah, Nabi bersabda: Setiap agama memiliki akhlak, dan sesung­guhnya akhlaknya Islam adalah rasa malu. (HR Malik bin Anas, al-Muwattha’, Jilid 2, hal. 905). Dalam hadis lain diceritakan dari Imran Ibnu Husain, Nabi bersabda: Rasa malu adalah kebaikan seluruhnya. (HR Muslim, Sahih Muslim, Jilid 1, halaman 47).

Baca juga : Pemimpin Tidak Boleh Mempersulit Rakyat

Dalam hadis lain diriwayatkan dari Zaid bin Aslam: seorang lelaki pada masa Nabi mengaku telah berzina, lalu Nabi meminta cambuk untuknya, maka diberikanlah cam­buk yang rusak (patah), Nabi mengatakan yang lebih baik dari ini. Lalu diberikanlah cambuk (tangkai) yang baru yang masih ada buahnya.

Lalu Nabi mengatakan bukan yang ini. Lalu diberilah cambuk yang yang sudah jadi dan lembut. Lalu Nabi memerintahkan untuk mencambuknya. Lalu Nabi mengatakan kepada para sahabatnya: Telah tiba waktunya engkau sekalian untuk senantiasa menghindari hal-hal yang dilarang oleh Allah.

Baca juga : Pemimpin Harus Amanah

Barangsiapa yang melakukan kekejian ini maka sebaiknya ia menutupi dengan penutup Allah karena barangsiapa yang menyatakan tingkahlaku­nya kepada kami maka kami akan menghukumnya sesuai dengan ketentuan-Nya (al-Qur’an). (HR Malik bin Anas, al-Muwattha, Jilid 2, halaman 825).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.