Dark/Light Mode

Ganjar Capres 2024

Minggu, 27 November 2022 08:08 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

RM.id  Rakyat Merdeka -  

Oleh: Prof. Dr. Tjipta Lesmana

Pengamat Politik Senior                          

Baca juga : Runtuh, Benteng Terakhir Penegakan Hukum Indonesia 

Setelah wacana “presiden 3 periode” dan “Jokowi cawapres” gugur karena mendapat tantangan keras dari berbagai pihak, belakangan ini Jokowi seperti sibuk “mencari” calon penggantinya melalui pernyataan-pernyataannya yang bersifat “menjurus”. Seolah Jokowi menginginkan presiden yang akan datang tidak boleh menyimpang dari aspirasinya.

Dalam pidato peringatan Hari Ulang Tahun Partai Golkar pada 21 Oktober yang lalu, Jokowi mengingatkan Airlangga Hartarto, Ketua Umum Golkar untuk hati-hati memilih calon presiden.

“Jangan sembarangan menentukan calon pilot dan co-pilot yang akan dipilih oleh rakyat. Juga jangan sembarangan memilih calon presiden dan wakil presiden.” Jangan cepat-cepat (seolah Jokowi hendak mengkritik Surya Paloh yang buru-buru menetapkan Anies Baswedan sebagai calon presidennya. Anehnya, ia juga pesan jangan lambat.  

Baca juga : Rezim Impor Beras Kembali Lagi?

Tatkala memberikan sambutan di HUT Partai Perindo tanggal 8 Nopember 2022, Jokowi mengungkapkan, “saya ini dua kali Wali Kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta, Gubernur sekali menang. Kemudian dua kali di Pemilu Presiden juga menang, kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo.”

Mantan Danjen Kopassus itu spontan berdiri tegap memberikan penghormatan kepada Jokowi dengan wajah yang tersenyum-senyum. Luar biasa happy Prabowo mendapatkan dukungan Presiden. Hampir semua pengamat politik menginterpretasikan pernyataan Jokowi sebagai endorsement-nya (dukungan) kepada Prabowo sebagai calon presiden Indonesia yang akan datang.  

Dukungan langsung Jokowi kepada Prabowo sontak membuat duet Prabowo-Muhaimin Iskandar goyang-goyang, karena Cak Imin seperti sudah firmed untuk jadi capres sementara Prabowo cawapres. Akankah bubar duet ini? Mungkin saja. Cak Imin lagi “peras otak” untuk mencari pasangannya yang baru andaikata Prabowo memang calon dukungan Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.