Dark/Light Mode

Ganjar Capres 2024

Minggu, 27 November 2022 08:08 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

 Sebelumnya 
Beberapa hari yang lalu, Ibu Mega dikabarkan sudah bertemu dan bicara “empat mata” dengan Jokowi. Pada kesempatan itulah kesepakatan rupanya dicapai antara kedua petinggi PDIP ini: Ganjar Pranowo disetujui sebagai calon Presiden PDIP 2024. Siapa cawapres Ganjar? Namanya sudah ada di saku Jokowi dan Ibu Megawati; tidak boleh dibuka sekarang, sebab nama ini harus dirahasiakan seketatnya. Nama cawapres penting “disimpan” sebagai salah satu strategi menghadapi lawan.

Anies Baswedan pun sampai hari ini masih rahasiakan nama cawapresnya. Begitu juga Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pimpinan Airlangga Hartarto.

Baca juga : Runtuh, Benteng Terakhir Penegakan Hukum Indonesia 


Capres 2024 saat ini sudah bisa ditebak dengan cukup jitu. Yang masih rahasia adalah nama-nama cawapres, sebab wapres sangat pentinh kedudukannya dalam pertarungan Pilpres 2024.  Dengan masuknya Ganjar sebagai bakal capres, apakah peluang Prabowo sudah tamat? Belum tentu. Semula, Erick Thohir disandingkan dengan Prabowo Subianto. Boleh jadi Jokowi sudah setuju juga. Untuk “menghabiskan” peluang Prabowo, Erick Thohir bisa ditarik mendampingi Ganjar. Tapi, PDIP, khususnya Ibu Megawati, dapat apa? Masak cuma gigit jari? Ke mana Puan Maharani ditempatkan? Di mana juga posisi Jenderal Andika Perkasa yang hampir dipastikan akan masuk “gelanggang pemilu 2024” juga setelah pensiun dari TNI dan lepas jabatan Panglima TNI bulan depan.

Ganjar, siapa pun wapresnya, dan Anies Baswedan akan bertarung habis-habisan. Ridwan Kamil bisa jadi cawapres yang kuat. Bisakah Andika dipasangkan dengan Ganjar? Dan Anies dengan Ridwan Kamil yang jelas-jelas memiliki chemistry yang kuat?

Baca juga : Rezim Impor Beras Kembali Lagi?

Marilah kita saksikan perkembangan 2 (dua) minggu ke depan! Cermati juga pernyataan apa lagi yang akan diluncurkan oleh Jokowi! ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.