Dark/Light Mode

Rambut Putih Pilihan Rahwana

Senin, 28 November 2022 06:20 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Kocap kacarito, pasca-tewasnya Sarpakenaka dan Patih Prahasta membuat gusar Prabu Rahwana. Dewi Sarpakenaka merupakan adik perempuan Rahwana gugur saat melawan perang menghadapi Lesmana. Sedangkan Pamannya yaitu patih Prahasta tewas mengenaskan dihantam tugu batu oleh Patih Anila. Pasukan kerajaan Alengka sempat keteteran menghadapi pasukan kera Ramawijaya.

Anoman si kera putih merupakan senopati andalan Pancawati. Prabu Ramawijaya mengakui kesaktian Anoman. Strategi perang Ramawijaya dapat dengan mudah memukul mundur pasukan Alengka. Rupanya kesaktian Anoman mengilhami Rahwana untuk mencari senopati yang sepadan.

Baca juga : Srikandi Di Balik Suksesnya KTT G20

Dua calon senopati disodorkan kepada prabu Rahwana untuk diseleksi. Yang satu bernama Bukbis yang tidak lain adalah anak Rahwana dari selir gelapnya. Sedangkan jago satunya bernama Trigangga. Bukbis berwujud setengah raksasa dengan senjata pamungkas topeng waja. Topeng waja kalau dipakai dapat mengeluarkan api dari matanya.

Sedangkan Trigangga berwujud kera berambut putih mirip dengan Anoman. Kesaktian Trigangga seimbang dengan dengan Anoman. Untuk menguji kesaktian, Rahwana mengutus keduanya ke gunung Maliawan untuk menculik Ramawijaya. Siapa yang bisa memboyong Rama dan Lesmana itulah yang akan dipilih sebagai senopati sejati oleh prabu Rahwana.

Baca juga : Belajar Dari Sesaji Raja Suya

“Siapa yang dipilih Rahwana Mo, Bukbis atau Trigangga?” sela Petruk, penasaran. Romo Semar mesem, tidak serta merta menjawab pertanyaan Petruk. “Untuk menjadi seorang pemimpin atau senopati tangguh tidak cukup dengan modal ketokohan individu semata,” jawab Romo Semar pendek. Diperlukan kerja keras dan program nyata untuk dapat mensejahterakan para kawulo. “Menghadapi ketidakpastian global seperti sekarang ini, seorang pemimpin harus memiliki visi dan misi serta inovasi tinggi untuk menjawab tanda-tanda zaman,” papar Romo Semar. Oye. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.