Dark/Light Mode

Moralitas Politik dalam Islam (24)

Tak Menelantarkan Warga Non-Muslim

Selasa, 29 November 2022 06:39 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kisah kedua, nyata-nyata kelompok non-muslim yang bertamu kepada Nabi menunjukkan itikad kurang baik, mendoakan Nabi binasa, lalu ‘Aisyah membalasnya dengan kalimat sepadan. Nabi bukannya menegur tamu yang kurang terpuji itu tetapi malah menegur isterinya agar tetap bersikap lemah lembut terhaap tamu.

Baca juga : Menepati Janji Ke Non-Muslim

Nabi menyadari betul apa arti kemanusiaan dan bagaimana cara menaklukkan jiwa yang keras. Nabi sering membalas orang yang selalu melancarkan serangan dengan cara-cara lembut, dan ternyata hasilnya sangat menakjubkan, orang-orang yang menyerang Nabi itu takluk dengan kelembutan Nabi. Seandainya Nabi melawannya dengan kekerasan yang sama maka tentu tidak bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi. Itulah pelajaran kepribadian dari Nabi.

Baca juga : Belajar Dari Pengalaman Suksesi Utsman Bin Affan

Jika setiap kekerasan dihadapi dengan kekerasan, jika setiap cemoohan dibalas dengan cemoohan, dan jika setiap penghinaan dibalas dengan penghinaan, maka ketegangan akan mewarnai kehidupan kita. Kadang-kadang kita me­mang harus menempatkan diri kita sebagai “kakak” yang kadangkala harus mengalah terhadap “adik”.

Baca juga : Belajar Dari Pengalaman Suksesi Abu Bakar

Jika ada orang menghina kita, anggaplah mereka itu “adik” dan kita sebagai “kakak”. Pada akhirnya sang adik akan lebih membutuhkan figure sang “kakak”. Yang menjadi masalah kalau tidak ada yang mau menjadi “kakak”, semuanya mau menjadi “adik”. Mari kita berupaya agar kita semua menjadi “kakak”, supaya kehidupan di dalam berbangsa dan bermasyarakat tentram adanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.