Dark/Light Mode

Moralitas Politik Dalam Islam (29)

Belajar Dari Kisah Sapi Kuning

Minggu, 4 Desember 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Surah terpanjang dalam Al-Qur’an, hampir tiga juz, ialah surah Al-Baqarah (sapi betina). Nama surah ini diambil dari kisah seorang konglomerat dari Bani Israil meninggal mis­terius, tidak jelas siapa pembunuhnya. Masyarakat bingung siapa yang membunuh laki-laki itu.

Saat itulah muncul seorang tetua adat yang menginfor­masikan jika ingin mengetahui siapa pembunuh orang kaya ini, maka diperlukan seekor sapi.

Baca juga : Pelajaran Politik Di Dalam Shalat Berjamaah (2)

Dasar turunan Bani Israil yang sejak dulu terkenal kritis dan kadang keras kepala, bertanya sapi jenis apa yang dibutuhkan, apakah sapi jantan atau betina?

Lalu dijawab apakah engkau akan mempermalukan kami (Bani Israil) dengan menyuruh kami menyembelih sapi betina? Dijawab oleh Nabi Musa: Aku berlindung kepada Allah agar tidak menjadi salah seorang dari orang-orang yang jahil (Q.S.Al- Baqarah/67-74).

Baca juga : Pelajaran Politik Di Dalam Shalat Berjamaah (1)

Pertanyaan diteruskan, apa jenis kelamin sapi itu, jantan atau betina? Dijawab “sapi betina”. Tuhan minta mereka agar melaksanakan perintah itu, tetapi masih “ngeyel” dan masih terus bertanya. Sapi betina muda atau tua? Dijawab tidak tua dan tidak muda; pertengahan antara itu.

Mereka terus bertanya, apa warna sapi betina itu: Dijawab “sapi betina yang kuning”. Mereka yang bertanya lagi kuning bagaimana, kuning tua atau kuning muda? Dijawab: kuning tua. Mereka bertanya lagi, kuning tua yang bagaimana? Dijawab: yang menyenangkan semua orang memandangnya.

Baca juga : Mengelola Fitnah (2)

Kata al-nadhirin adalah bentuk jamak, jadi kuning di sini bukan yang hanya menyenangkan segolongan orang, tetapi kepada semua orang. Mereka terus bertanya, hakekat sapi itu seperti apa? Dijawab: Belum pernah dipakai untuk membajak tanah dan tidak pula untuk mengairi tanaman, tidak bercacat, tidak ada belangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.