Dark/Light Mode

Rekonsolidasi Strategi Kebudayaan Nasional (44)

Pengalaman Thailand

Selasa, 31 Januari 2023 06:32 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Seringkali ada kebijakan pemerintah pusat yang dianggap tidak adil bagi warga Tailand Selatan yang mayoritas beragama Islam. Terlebih setelah kerajaan melayu dihapuskan pada tahun 1902, masyarakat melayu dalam keadaan sangat tertekan. Khususnya pada pemerintahan Pibul Songgram (1939-44), orang-rang Melayu - Muslim sering merasa didiskriminasikan oleh pemerintah Thailand yang didukung oleh mayoritas Budha.

Hingga saat ini, masyarakat muslim Pattani menghadapi perlakuan diskriminasi bahkan dalam bentuk teror yang berkepanjangan. Meskipun decade terakhir ini posisi politik umat Islam mengalami perlakuan lebih wajar ketimbang sebelumnya.

Populasi muslim di Tailand Selatan yang disebut negeri gajah putih ini, meliputi Provinsi Pattani 80%, Yala 68,9%, Narathiwat, Satun 67,8% juga Songkhla. Semula, Tailand masih menjadi satu wilayah kekuasaan di bawah kepemimpinan kerajaan Pattani Raya hingga abad ke-12. Keadaan berubah setelah kerajaan Sukhotai berdiri.

Baca juga : Negara & Aliran Sesat

Kerajaan ini banyak umat Islam di sana merasakan berbagai tekanan. Namun demikian, Thailand sekarang terkenal sebagai negeri Budha, akan tetapi sekarang kerajaan cukup memberi dukungan terhadap pertumbuhan dan kehidupan umat Islam.

Tanggung jawab urusan agama Islam di Thailand dipegang oleh seseorang mufti yang memperoleh gelar Syaikhul Islam (Chularajmontree). Mufti ini ada di bawah kementerian dalam negeri serta juga kementerian pendidikan serta bertanggung jawab pada raja. Mufti bertugas buat mengatur kebijakan yg bersangkutan dengan kehidupan muslim, seperti penentuan awal serta akhir bulan hijriyah.

Jumlah kaum muslimin di Thailand mencapai 4.6% dengan statistik terbaru sekitar 4 juta dari total 65 juta jiwa. Kini Islam di Tailand menjadi agama mayoritas kedua setelah Buddha.

Baca juga : Pengalaman Jepang (2)

Jumlah masjid di Thailand belum ada statistik terbaru menjelaskannya. Hanya data lama Kantor Statistik Nasional Tailan pada tahun 2007, jumlah masjid sebanyak 3.494 buah, belum diperoleh kejelasan apakah angka ini termasuk juga mushalah atau tidak. umumnya umat Islam Tailand beraliran sunni (99%) dan selebihnya Syi’ah (1%).

Umat Islam di Thailand mempunyai pasang-surut dalam lintasan sejarah. Pada abad ke-12 ketika Islam menapakkan kakinya di kerajaan Pattani dan kemudian menjadi mayoritas di wilayah tersebut. Proses masuknya Islam di Thailand dimulai sejak kerajaan Siam mengakui sisi kerajaan Pattani Raya yang biasa disebut Pattani Darussalam.

Kini umat Islam di Thailand mengalami perkembangan pesat dari segi kuantitas maupun kualitas. Banyak sekali mahasiswa Thailand melanjutkan studinya di beberapa UIN dan IAIN di Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.