Dark/Light Mode

Aquaman Vs Antasena

Senin, 31 Desember 2018 06:44 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Betapa kagetnya Antasena begitu melihat ada jasad wanita di atas perahu. Dengan kesaktiannya, Antasena bisa menghidupkan kembali Woro Sumbodro. Akhirnya ketahuan siapa penjahat yang telah membunuh Woro Sumbodro yaitu Burisrowo.

Burisrowo adalah anak Prabu Salya dari Kerajaan Mandaraka. Burisrowo merasa sakit hati karena pujaan hatinya Woro Sumbodro telah direbut oleh Harjuna.
‘Korelasinya apa Mo Aquaman dan Antasena? Kalaupun keduanya diadu, Jagoan Amerika pasti kalah oleh Antasena.

Baca juga : Kampanye Untuk Rakyat

 Lihat saja Freeport saja bisa kita kalahkan’. Komentar Petruk ngekek. ‘Kita bukan mencari menang kalah Tole. Justru kedua super hero memberikan inspirasi’. Jawab Semar. ‘Sustainable development’ akan terwujud kalau kita berhasil menjaga keseimbangan pilar–pilar pembangunan tanpa harus meninggalkan ‘ liability’ atau beban bagi anak cucu kita.
 Tiga pilar pembangunan yakni state, corporation dan civil society harus seimbang.

State atau negara berkewajiban memberi kebijakan yang terukur agar rakyat madani sebagai pembayar pajak patuh. Dalam menjalankan roda ekonomi negara harus memberi ruang dan peran kepada pihak swasta atau corporation.

Baca juga : Kejahatan Di Atas Kejahatan

Kalau ketiganya tidak seimbang dan justru saling menjatuhkan, maka jangan harap pembangunan bisa sustain. Itulah tantangan terberat beberapa negara termasuk kita dalam menyongsong tahun 2019. Untuk itu kita perlu hadirnya Aquaman dan Antasena. Sumonggo

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.