Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (12)

Bersilaturahmi Dengan Binatang

Kamis, 11 Mei 2023 05:50 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Nabi menerima pemberian kijang itu dan dibawa pergi. Di balik bukit ketika sang pemberi tidak lagi melihatnya, dilepaskannya kijang itu dengan mengatakan:

"Pergilah engkau membesarkan anak-anakmu. Luar biasa mengharukan cerita ini".

Riwayat lain, Nabi juga pernah menunjukkan persahabatan dengan seekor biawak yang disaksikan oleh sahabat-sahabatnya.

Kuda Sarakah yang mengejar Nabi setiap kali mendekat ke arah Nabi, setiap itu kudanya berlutut sehingga tidak bisa mengejar Nabi.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Burung

Pada akhirnya Sarakah yang menyaksikan keajaiban ini berbalik masuk Islam dan kembali ke Mekkah mengajak kawan-kawannya untuk memeluk Islam.

Peristiwa mengharukan juga terjadi ketika unta Rasulullah yang sudah tua digantikan dengan unta yang lebih muda, dengan disaksikan oleh para sahabat unta tua itu menangis lalu dikomentari oleh Nabi:

"Lihat unta itu masih ingin aku duduki pundaknya menyampaikan dakwah tetapi ia harus digantikan".

Persahabatan manusia dengan binatang sesungguhnya sudah terjadi di mana-mana.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Air

Dengarkanlah cerita-cerita mereka yang memelihara binatang piaraan seperti kucing, anjing, burung, dan ikan, semua punya cerita yang sama, mereka saling mencintai satu sama lain dan tentu saja ini pelajaran penting bagi manusia.

Begitu sayangnya terhadap binatang, Nabi pun disayangi oleh binatang. Ketika dikejar musuh, Nabi lalu bersembunyi di dalam Gua Tsaur.

Persembunyian Nabi di Gua Tsaur diselamatkan oleh laba-laba yang bergotong-royong membuat sarang di mulut goa, dan burung-burung merpati bertelur di mulut gua itu.

Sementara pepohonan dan tangkainya merebahkan diri menutupi lubang bagian atas goa tersebut yang membuat para musuh yakin bahwa di dalam goa itu tidak ada tanda-tanda manusia yang baru masuk ke dalamnya.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Alam Makrokosmos

Ini semua menunjukkan betapa pentingnya menjalin hubungan kasih sayang dengan fauna dengan berbagai jenisnya.

Kelengkapan ekosistem berupa fauna dan flora pasti akan mendukung kapasitas manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Persahabatan atau silaturahmi dengan binatang harus tetap dipertahankan.

Jangan hanya menyaksikan binatang sebagai obyek, tetapi lihat pula sebagai subyek, yang harus diperlakukan secara wajar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.